ads
ads
ads
ads

TERNATE, TERBITMALUT.COM Pemerintah Kota Ternate menggelar Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional Ke-115 Tahun 2023 yang dilangsungkan di Halaman Kantor Wali Kota Ternate, Senin (22/5/23).

Mewakili Wali Kota Ternate, Asisten Administrasi Umum Setda Kota Ternate, Dr. Anwar Hasyim bertindak sebagai Pembina Upacara, dan Perwira Upacara, Kepala Bidang Persandian Kota Ternate Ipson Aramuda.

Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional Ke-115 Tahun 2023 ini bertemakan “Semangat Untuk Bangkit”, upacara diikuti oleh seluruh sejumlah Aparatur Sipil Negara di Lingkup Pemerintah Kota Ternate.

Asisten Administrasi Umum Setda Kota Ternate, Dr. Anwar Hasyim, saat membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Menkominfo RI) Prof. Dr. H. Mohammad Mahfud Mahmodin mengatakan,115 tahun lalu, bara persatuan Indonesia sebagai negara mulai menyala. Hal ini ditandai dengan didirikannya Boedi Oetomo pada tanggal 20 Mei 1908.

“Boedi Oetomo juga mendasarkan dirinya untuk mengejar 3 (tiga) tujuan yang menjadi cita-cita utama kebangkitan nasional, yakni memerdekakan cita-cita kemanusiaan,memajukan Nusa dan Bangsa, serta mewujudkan kehidupan Bangsa yang terhormat dan bermartabat di mata dunia,”kata Anwar saat bacakan sambutan Menteri Kominfo.

Menurut Menkominfo dibacakan Anwar, Pada tanggal 5 Mei 2023, Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah mengumumkan bahwa status Public Health Emergency of International Concern (PHEIC) atau darurat kesehatan global untuk COVID-19 secara resmi dicabut.

Untuk itu, selama 3 tahun terakhir, di tengah kekurangan, tantangan, dan masalah yang kita hadapi bersama. Barisan perjuangan rakyat Indonesia terbukti tetap erat dalam melaksanakan penanganan pandemi COVID-19 sekaligus untuk memulihkan perekonomian bangsa.

Hal ini menjadi momentum untuk memaknai Hari Kebangkitan Nasional ke-115 ini. Sebagai upaya membangun semangat kebangsaan untuk bangkit pasca pandemi.

“Hari Kebangkitan Nasional hari ini juga kita maknai dengan memperingati perjuangan bersama kita. Kementerian, Lembaga, Pemerintah Daerah, sektor swasta, akademisi, pers, komunitas, dan seluruh elemen bangsa saling bahu-membahu berkolaborasi menerapkan nilai-nilai persatuan juga kesatuan dalam mewujudkan kebangkitan bangsa kita dari berbagai krisis global, baik kesehatan, perekonomian, hingga geopolitik sekalipun,”ucapnya.

Kemudian berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukan bahwa perekonomian Indonesia di tahun 2022 tercatat tumbuh 5,31% (Year-on-year yoy).

“Selain merayakan berbagai capaian bangsa Indonesia, Hari Kebangkitan Nasional juga kita maknai dengan mensyukuri segala langkah kemajuan, perbaikan, atau bahkan pelajaran yang didapatkan dari perjuangan kita,”ungkapnya.

Kebangkitan Indonesia di tengah krisis dunia juga ditunjukkan melalui kiprah kita di berbagai forum internasional. Salah satunya Presidency G20 Indonesia di tahun 2022 semakin membawa harum nama Ibu Pertiwi dalam mendorong Semangat Untuk Bangkitdi tingkat dunia dengan mengangkattemaRecover Together, Recover Stronger”.

Kepemimpinan Indonesia di tingkat dunia pun terus berlanjut dengan kekuatannya dalam forum ASEAN di tahun 2023 yang efektif berlaku sejak tanggal 1 Januari 2023 yang lalu. Semangat Untuk Bangkit dan mempercepat pemulihan global pasca pandemi juga dikobarkan di tingkat regional dengan mengusung tema “ASEAN Matters: Epicentrum of Growth.”

“Dengan mengusung tema tersebut, Indonesia ingin menjadikan Asia Tenggara sebagai kawasan yang penting dan relevan bagi seluruh dunia dalam merespon tantangan regional maupun global, sekaligus memperkuat posisi ASEAN sebagai episentrum pertumbuhan ekonomi dunia,”tuturnya.

Mengutip pernyataan dr. Soetomo, “Generasi yang mau berjuang untuk kemandirian bangsanya adalah generasi yang mencintai generasi penerusnya dan mencintai tanah airnya”.

“Dengan semangat yang sama pula, kami mengajak seluruh komponen bangsa untuk terus mempertahankan bara api semangat kebangkitan nasional. Sembari merapatkan barisan perjuangan kita dengan menunjukkan kerja keras, kerja cerdas, juga kerja bersama demi kemandirian dan kemajuan bangsa yang berkelanjutan.”pungkasnya.

“Selamat memaknai dan memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke-115 bagi kita semua. Berjuang, belajar, bertumbuh, dan terus melangkah maju dengan Semangat Untuk Bangkit! Terima kasih,” tutup Anwar dalam sambutan Menkominfo.

Perlu diketahui pada upacara tersebut, Asisten Administrasi Umum Setda Kota Ternate bersama Kepala Bank Mandiri Taspen dan Kepala Cabang Taspen Kota Ternate menyerahkan SK Pensiun kepada 13 ASN yang telah mencapai batas usia pensiun tahun 2023 dengan TMT Juni. Selain itu diserahkan juga piagam penghargaan, dan pengembalian simpanan Korpri. (SL/TM)

Bagikan: