ads
ads
ads
ads

TERNATE, TERBITMALUT.COM — Pendaftaran Pegawai Pemerintah Perjanjian Kerja (PPPK) lingkup Pemerintah Kota Ternate tahun 2023 diperpanjang hingga Rabu, (11/10/2023)  malam pukul 23.59 WIB.

Kepala BKPSDM Kota Ternate, Samin Marsaoly, mengatakan memang ini secara nasional, sehingga kebijakan Pusat Panitia Nasional (Panselnas) memperpanjang pendaftaran tes P3K.

“Kemudian, yang belum sempat mendaftar dengan alasan karena gangguan jaringan, masih bisa dilakukan perpanjang pendaftaran seleksi P3K,” katanya Selasa, (10/10/2023).

Untuk Update lanjut Samin, secara statistik pemerintah Kota Ternate yang sudah mendaftar sebanyak 1.328 dengan rincian formasi tenaga guru 332 pendaftar, tenaga kesehatan 255 dan tenaga teknis sebanyak 741 pendaftar dan sambil diverifikasi faktual oleh Panselda.

“Sehingga kita akan mengetahui secara pasti jumlah total pendaftaran pada saat penutupan pendaftaran seleksi P3K besok malam,” ucapnya.

Samin juga berharap dengan adanya tinggi animo para pelamar ini, berarti kita akan menghasilkan ASN yang ber kompatibel atau berkualitas.

“Disamping itu juga, walaupun dengan waktu yang begitu sempit, masih bisa membuka ruang untuk melaksanakan simulasi,” ungkapnya.

Samin juga menambahkan, BKPSDM akan melakukan simulasi khusus bagi para calon P3K. Dan itu akan dilaksanakan pada saat sudah selesai dilakukan tahap pembukaan atau penutupan pendaftaran seleksi.

Dan pasti kita akan tahu pendaftaran ini siapa-siapa, dan secara administrasi memenuhi syarat itu yang kita buka. Dan tentunya tidak akan semua karena jumlah nya pasti banyak. Karena dilihat juga kapasitas jaringan, kapasitas perangkat itu kan terbatas.

“Sehingga kita akan melakukan kerjasama dengan UPT BKN Regional IX yang berada di Kelurahan Jati, Kota Ternate untuk bisa dilaksanakan simulasi,”terangnya.

Jadi simulasi ini, kata Samin juga bertujuan untuk mengenalkan para pelamar terkait dengan cara mengisi form sampai pada teknik menjawab pertanyaan atau soal.

“Hanya saja, kita tidak memberi soal, tapi diberi simulasi bagaimana cara mengisi form biodata, bagaimana menghidupkan dan mengoperasionalkan Computer Assisted Test (CAT),”paparnya.

Memang dengan terbatasnya kuota yang diberikan, tentunya kita minta separuh yang mendaftar, artinya kita minta kurang lebih 500 lah yang dilakukan simulasi.

Sehingga akan umumkan pendaftaran yang ikut simulasi melalui apa, itu akan kita sampaikan. Yang pasti bahwa dalam rangka supaya formasi ini bisa terisi teman-teman P3K juga bisa secara kompeten mampu mengenal sistem Computer Assisted Test (CAT).

Karena, memang banyak mereka pasti akan kaget dengan cara tes menggunakan Computer Assisted Test (CAT), maka dengan hadirnya simulasi ini bisa membantu mereka.

“Dan yang bisa membantu mereka lolos tes adalah diri mereka sendiri. Sehingga saya sampaikan agar peserta tidak mempercayai siapapun dia, yang akan menawarkan pertolongan atau menjanjikan kelulusan bagi peserta. Maka itu adalah tindakan yang mengarah pada penipuan,”pintanya.

“Dan jangan dipercaya jika, ada oknum yang mengatasnamakan seseorang, maka jangan dipercaya dan segera dilaporkan ke bagian BKPSDM dan memang tidak bisa dipertanggungjawabkan. Maka silahkan belajar, silakan berkompetisi dan kita memberi ruang simulasi untuk para pelamar P3K,”tambahnya. (**)

Penulis : Sukur 

Bagikan: