ads
ads

TERNATE, TERBITMALUT.COM — Penginputan Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SIRUP) di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD)  lingkup Kota Ternate, sudah mendekati 70 persen.

Hal itu disampaikan secara langsung oleh Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa (BPBJ) Kota Ternate, M. Gazali Kasim saat diwawancarai Terbitmalut.com di Kantor Wali Kota Ternate, Jumat (23/2/2024) sore tadi.

Menurut Gazali, memang batas penginputan SIRUP untuk setiap OPD itu pada tanggal 28 Februari 2024. Sehingga, ada OPD yang lain masih belum selesai melakukan penginputan, bukan berarti tidak menginput SIRUP.

“Jadi hampir semua OPD sudah melakukan penginputan, dan ada yang sudah selesai melakukan penginputan seperti Dinas Pendidikan, Bappelitbangda Kota Ternate dan ada yang belum selesai, seperti Dinas PUPR dan Dinas Kesehatan,”ungkapnya.

Pada intinya, lanjut Kabag BPBJ, kita menunggu pada tanggal 29 Februari 2024. Jika, belum ada yang selesai melakukan penginputan SIRUP, maka akan ada evaluasi dari Wali Kota Ternate, untuk mengambil langkah-langkah, karena batas jadwal Nasional itu 31 Maret 2024.

“Sehingga, pemerintah Kota Ternate masih punya waktu 1 bulan lagi untuk melakukan penginputan SIRUP dari OPD yang belum selesai melakukan penginputan SIRUP nya. Hanya saja, Wali Kota menekankan agar di 29 Februari itu sudah harus selesai,”pungkasnya.

Gazali menambahkan, jika OPD yang sudah selesai melakukan penginputan SIRUP, lalu siap melakukan tender program kegiatannya, maka silahkan saja, lebih awal kan, lebih baik.

“Karena SIRUP adalah Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan, jadi buat paket pekerjaan bisa ambil dari SIRUP yang mereka sudah input. Karena itu, semuanya dilakukan oleh OPD bukan dari BPBJ,”jelas Gazali. (**)

Editor : Sukur 

Bagikan: