ads
ads

TERNATE, TERBITMALUT.COM — Pemerintah Kota Ternate, Maluku Utara, secara serempak melakukan penanaman 773 pohon pala dan cengkeh dalam rangka memperingati hari Rempah Nasional pada tanggal 11 Desember 2023 dan sekaligus meriahkan Hari Jadi Ternate (HAJAT) ke-773.

Penanaman tanaman rempah pala dan cengkeh ini, secara simbolis ditanam oleh Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman, bersama Ketua TP-PKK Kota Ternate, Ny. Marliza M. Tauhid, yang dipusatkan depan kawasan Museum Rempah Benteng Oranje yang diikuti 772 titik melalui live streaming, termasuk yang berada di tiga kecamatan terluar, Moti, Batang Dua dan Pulau Hiri pada Selasa, (12/12/2023).

Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman menyampaikan, rempah merupakan kekayaan asli bumi Maluku Utara, karena sejak dahulu kala, rempah merupakan aset mewah yang telah dimiliki.

Hal itulah, kata Tauhid, membuat bumi Nusantara terpandang dan terus didekati oleh banyak negara atau bangsa besar untuk menguasai kekayaan rempah.

“Karena, fakta bahwa Nusantara pernah menjadi penghasil rempah sebagai pemasok utama dunia sebagai lumbung rempah dunia Nusantara dikenal sebagai Spice Island Country,”tutur Wali Kota.

Sehingga, dengan adanya Sertifikat dari Kemenkumham, yang diberikan hak merek Kota Ternate, sebagai Kota Rempah, City Branding Ternate Kota Rempah merupakan sebuah revitalisasi atau pengakuan bahwa Kota Ternate adalah pusat Kota Rempah di dunia.

Tauhid pun menyebutkan, potensi lain yang dimiliki oleh Kota Ternate adalah adanya tanaman cengkeh Afo yang merupakan cengkeh tertua di dunia dan telah diakui oleh kementerian Pertanian sebagai Varietas unggul Nasional yaitu dengan SK No 3680/Kpts/SR.120/11/2010.

“Kemudian, pala ternate merupakan pala nomor satu sebagai pala unggul Nasional dengan SK Menteri Pertanian No 4061/KPTS/SR.120/12/2009. Dan Sesuai Keputusan Menteri Pertanian RI nomor 644/KPTS/KB.130/M/10/2021 pada tanggal 29 Oktober 2021 menetapkan tanggal 11 Desember sebagai Hari Rempah Nasional,”jelasnya.

Penetapan ini, lanjut Wali Kota, berdasarkan Kesultanan Tidore pada 11 Desember 1521 yang mengekspor perdana cengkeh sebanyak 27,3 Ton ke Eropa, menggunakan Kapal Victoria.

“Maka Kota Ternate dengan Branding sebagai Kota Rempah, pada kesempatan ini dalam rangka untuk memperingati Hari Rempah Nasional 11 Desember 2023 dan rangkaian peringatan HAJAT ke 773 melaksanakan gerakan menanam Rempah (Cengkeh dan Pala) sebanyak 773 pohon secara serentak di seluruh wilayah Kota Ternate,”ucapnya.

Penanaman tanaman rempah ini, dilakukan oleh Instansi pemerintah baik OPD, instansi vertikal, Telkom, Bank Indonesia, KPKNL, Sekolah (SD dan SMP) dan restoran dan hotel yang ada di Kota Ternate.

“Dengan adanya peringatan Hari Rempah Nasional pada tanggal 11 Desember 2023 ini sebagai sarana untuk mensosialisasikan identitas city branding Ternate sebagai Kota Rempah kepada seluruh elemen masyarakat yang ada di Kota Ternate,”tambahnya. (**)

Penulis : Sukur 

Bagikan: