ads
ads

TERNATE, TERBITMALUT.COM — Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Ternate Periode 2023-2024 menggelar sarasehan gagasan dalam rangka menyambut Milad Himpunan Mahasiswa Islam yang ke-77 Tahun, yang bertempat di Rotasi Caffe Rabu, (7/2/2024) kemarin.

Menjemput Milad HMI ke-77 ini, ada  beberapa item kegiatan yang dilakukan, seperti baksos di desa binaan HMI Cabang di kelurahan Tongole Kota Ternate, juga Lomba menulis Esai yang diikuti oleh 6 peserta lomba menulis.

Terlepas dari itu, Sarasehan ini dilakukan guna melihat kembali bagaimana kontribusi serta peran HMI dalam mengawal demokrasi indonesia, barangkali HMI yang berdiri pada 5 Februari 1947 tidak beda jauh dengan berdirinya Negara indonesia.

“Olehnya 77 tahun HMI berdiri kokoh tentu telah memberikan bukti rill bagimana HMI menyumbang kader-kaders terbaik mereka di Negara ini, apalagi soal gagasan tentang Keislaman dan Keindonesiaan,”tutur Gajali Kama, Sekum HMI Cabang Ternate.

Dalam sarasehan gagasan tersebut HMI Cabang Ternate mengangkat tema 77 tahun “HMI Memimpin Kebangkitan Demokrasi”, dalam sarasehan tersebut, yang menjadi pembicara adalah Perwakilan Dari KPU Provinsi Maluku Utara, Yang diwakilkan oleh Yunda Reni S Banjar, Bawaslu yang diwakili oleh Rusly Saraha, Dan Akademisi diwakili oleh Abdul Kadir Bubu, dan KAHMI yang diwakili oleh Hasbi Yusuf sekali Sekertaris MW KAHMI Maluku Utara.

Selain dari sarasehan gagasan, di akhir diskusi ditutup dengan deklarasi pemilu damai, yang diwakili dari Polda Maluku Utara, bapak Ibnu.

Di dalam poin deklarasi tersebut HMI mengajak kepada seluruh masyarakat Maluku Utara untuk mengajak dan menghimbau masyarakat provinsi Maluku Utara untuk menyukseskan Pemilu tahun 2024 serta menjaga menjaga keamanan dan kedamaian, Tolak Hoax, Isu Sarah, Provokasi, Politik Uang, Politik Identitas, dan Masjid Tidak Dijadikan Tempat Politik Praktis.

“Untuk itu semoga kita selalu menjaga martabat demokrasi sebagai kaum intelektual dan tidak terjebak dalam narasi-narasi Hoax di pemilu 2024,”tambahnya. (**)

Editor : Sukur 

Bagikan: