ads
ads

TERNATE, TERBITMALUT.COM — Pelaksanaan Sarasehan Istri Wali Kota (Rasai Kota) tahun 2023 di Kota Ternate resmi dibuka, Wali Kota Bandar Lampung dan sekaligus Bendahara Umum (Bendum) Dewan APEKSI, Hj. Eva Dwiana Selasa, (3/10/23) berlangsung di Bela International Hotel.

Selain dihadiri oleh istri-istri Wali Kota, kegiatan Sarasehan juga dihadiri oleh Kepala BKKBN Republik Indonesia Dr. (UC). dr. Hasto Wardoyo, Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, Wali Kota Bandar Lampung sekaligus Bendahara Umum Dewan APEKSI, Hj. Eva Dwiana, Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina.

Ketua TP PKK Kota Ternate, Marliza M. Tauhid mengatakan, tujuan dari pelaksanaan Sarasehan Istri Wali Kota APEKSI 2023 sebagai momen antar Istri Wali Kota yang hadir di untuk dapat bertukar pikiran dan membangun jaringan yang lebih luas dalam upaya meningkatkan dan memberdayakan wanita dalam menggerakkan sektor ekonomi daerah, sarana dan program kedaerahan, menguatkan potensi lokal daerah dan kesempatan membangun kemitraan yang strategis di lintas daerah.

“Kegiatan utama Sarasehan Istri Walikota APEKSI 2023 yang digelar hari ini , dengan pembicara kepala BKKBN dan cerita inspiratif dari ibu Nurjanah. Kedua orang ini menjadi tokoh penting bagi pelaksanaan Sarasehan hari ini,”katanya.

Marliza juga menyampaikan, semoga kegiatan Sarasehan yang dilaksanakan di Kota Ternate dapat berjalan dengan lancar dan selalu mendapat ridho dari Allah SWT.

Ketua TP PKK Bogor, Yane Ardian Bima Arya juga mengucapkan terima kasih kepada Istri Wali Kota Ternate, yang sudah bersedia menjadi tuan rumah Sarasehan Istri Wali Kota yang kedua di tahun 2023.

“Kami begitu dimanjakan dengan makanan dan pemandangan yang luar biasa. Saya yakin, saya dan istri-istri Wali kota yang hadir hari ini tidak menyesal datang jauh-jauh ke Ternate,”ucapnya.

Dan perlu saya sampaikan terima kasih kepada jajaran Pemerintah Kota Ternate yang sangat luar biasa dan saya secara pribadi mewakili istri-istri wali kota juga mengucapkan terima kasih kepada keluarga besar APEKSI yang telah mengadakan Sarasehan Istri Wali Kota.

“Saya merasakan betul manfaat dari pertemuan istri-istri Wali Kota se-Indonesia yang kedua di Kota Ternate,”ungkapnya.

Sementara itu, Wali Kota Bandar Lampung yang sekaligus Bendum Dewan APEKSI, Hj. Eva Dwiana dalam sambutannya sekaligus membuka Pelaksanaan Sarasehan Istri Wali Kota mengatakan, pembangunan kota didukung oleh berbagai unsur, salah satunya PKK dan Dekranasda.

Maka menurutnya, Istri wali kota sebagai pengganti kepala daerah mempunyai peran yang sangat besar untuk mendorong pemberdayaan masyarakat melalui komunikasi kepada kelompok masyarakat dalam berbagai komunitas secara dinamis.

“Kepada seluruh istri ibu kota agar tetap bergerak, memang banyak tantangan menjadi istri wali kota. Saya menanggalkan jabatan yang saya punya ketika saya di rumah, saya kembali menjadi istri dan ibu. tidak ada pembicaraan politik atau pekerjaan ketika saya di rumah.

“Berhati-hatilah, karena wanita sering banyak goncangan, goncangan tersebut tidak bisa saya sebut satu persatu. Ini menjadi tugas kita sebagai istri wali kota untuk menjadi makmum yang baik dan memberikan yang terbaik untuk masyarakat,”terangnya.

Di akhir sambutannya, Wali Kota Bandar Lampung berharap, semoga Sarasehan selanjutnya bisa lebih mendekatkan istri-istri wali kota agar bisa saling berbagi cerita dari daerahnya masing-masing karena pengalaman merupakan kunci keberhasilan.

Acara kemudian dilanjutkan dengan Talk Show mengenai Kesehatan dengan pembicara Dr. (UC). dr. Hasto Wardoyo, Kepala BKKBN Republik Indonesia dan fashion show Mayana Ecoprint. Kemudian dilanjutkan dengan talk show istri-istri kepala daerah. (**)

Penulis : Sukur 

Bagikan: