ads
ads

TERBITMALUT.COM — DR. Rizal Marsaoly, SE.,MM lahir di Ternate, pada tanggal 30 September 1976 yang dibesarkan oleh kedua pasangan suami istri bernama Zainuddin Marsaoly dan Rahmawaty Saleh Kasim.

Riwayat Pendidikan

Rizal Marsaoly menempuh pendidikan dasar (SD) Inpres Tanah Tinggi dan lulus pada tahun 1989. Ia melanjutkan sekolah menengah pertama (SMP) Negeri 1 Ternate, lulus di tahun 1992. Usai lulus, Rizal langsung melanjutkan pendidikan sekolah menengah atas (SMA) Negeri 1 Kota Ternate dan lulus di tahun 1995.

Setelah menyelesaikan pendidikan di SMA Negeri 1, Rizal langsung melanjutkan pendidikan S1 di perguruan tinggi Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar dengan jurusan Ekonomi, Studi Pembangunan dan selesai pada tahun 2000. Setelah S1, Rizal melanjutkan pendidikan S2 kembali di Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, berjalan kurang lebih 2 tahun, mengambil jurusan Manajemen Pemasaran, Rizal langsung menyelesaikan pendidikan S2 di tahun 2002. Di tahun 2016, Rizal Marsaoly lulus sebagai gelar Doktor di Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar.

Rizal Marsaoly saat Mendampingi Kapolri dan Gubernur Malut saat Kunjungan kerja di Kota Ternate.

Pengalaman Jabatan/Pekerjaan 

Setelah ia lulus sebagai Magister, Rizal Marsaoly langsung mengikuti CPNS dan menjadi PNS penata muda di tahun 2004. Di tahun yang sama, ia menjabat sebagai Kasubag Penyusunan Program, Evaluasi dan Pelaporan di Dinas Bappelitbangda Kota Ternate. Berselang tiga tahun, Rizal dilantik sebagai Kabid Penelitian, Pendataan, Evaluasi dan Pelaporan di Bappelitbangda Kota Ternate. Menjalani tugas sebagai Kepala Bidang, Ia kembali dipercayakan untuk mengisi posisi Sekretaris Bappelitbangda Kota Ternate pada tahun 2010.

Berkat kinerja dan loyalitasnya, Rizal kembali dilantik mantan Wali Kota Ternate, Almarhum Burhan Abdurahman sebagai Kepala Dinas Tata Kota dan Pertanahan Kota Ternate di tahun 2013 hingga tahun 2016. Di tahun 2019, alumni Doktor UMI Makassar itu, kembali dipercayakan untuk menjabat Kepala Dinas Pariwisata Kota Ternate, hingga di tahun 2021. Di tahun yang sama (2021) ia dipercayakan atau dilantik Wali Kota Ternate yang ketiga, M. Tauhid Soleman untuk menjabat Kepala Bappelitbangda Kota Ternate.

Rizal Marsaoly saat mendampingi Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman di kegiatan Foris.

Berbekal Ilmu Manajemen, pria lulusan Doktor itu, terus menata pembangunan di kota Ternate. Buktinya, sejumlah kawasan publik ditata dan dipercantik kembali sejak ia dilantik Wali Kota, sebut saja kawasan Pantai Falajawa dan Kawasan Pusat Kuliner Kota Rempah yang baru saja diresmikan di malam perayaan pergantian tahun baru 2024.

Menjabat Kepala Bappelitbangda kurang lebih tiga tahun, alumni UMI Makassar itu, melihat peluang untuk menjejaki karirnya di pemerintahan Kota Rempah itu, benar saja, Rizal Marsaoly memilih ikut seleksi terbuka jabatan sekda Kota Ternate. Setelah mengikuti Selter, Rizal Marsaoly mendapatkan nilai tertinggi 226,80 dari dua pesaingnya yakni Kepala BPKAD, Abdullah Hi. M. Saleh dengan nilai 221,65. dan Sekwan DPRD, Aldhy Aly mendapat nilai 211,84.

Rizal Marsaoly saat berfoto bersama dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno.

Hal itu membuat karirnya di pemerintahan terbuka lebar, pasalnya ia dipercayakan atau dilantik Senin (8/1/2024) untuk menjabat Sekretaris Daerah Kota Ternate, Oleh Wali Kota M. Tauhid Soleman.

Ini lah tulisan singkat nestapa perjalanan karir seorang Rizal Marsaoly dengan berbagai sepak terjangnya yang ia lalui di Pemerintahan Kota Ternate. (**)

Bagikan: