ads
ads

TERNATE, TERBITMALUT.COM  – Sultan Ternate Hidayatullah Syah, bersama Wali Kota Ternate, Dr. M. Tauhid Soleman, menyalakan obor induk malam Lailatul Qadar di Kedaton Kesultanan Ternate Senin, (17/4/2023) malam. 

Suasana penuh khidmat pun hadir di kawasan Kedaton Kesultanan Ternate, Provinsi Maluku Utara, tepat pada malam ke-27 Ramadhan 1444 H/2023 M. Perayaan yang digelar setiap tahun itu kembali memanggil warga yang berduyun-duyun hadir untuk menyaksikan pembakaran obor ela-ela di malam Lailatul Qadar. 

Sekitar pukul 19.20 WIT, Sultan Ternate Hidayatullah Syah, bersama Wali Kota Ternate M Tauhid Soleman, menyalakan obor induk malam Lailatul Qadar di Kedaton Kesultanan Ternate. 

Sebelum obor dibakar, Jo Kalem Kesultanan Ternate, Hidayatussalam Sehan, berkesempatan memimpin doa bersama. Agenda ini juga dirangkaikan dengan Perayaan Adat Kabasaran Uci yang sudah turun temurun yang selalu digelar Kesultanan Ternate.

Kemudian setelah obor dinyalakan, rombongan Sultan kemudian menuju Sigi Lamo atau Masjid Kesultanan Ternate, di Kelurahan Soasio, Kota Ternate, Maluku Utara.

Jo Kalem Kesultanan Ternate, Hidayatussalam Sehan mengatakan, tradisi Kabasaran Uci memang dilakukan seiring dengan perayaan malam Lailatul Qadar.

Menurut Jou Sultan,  tradisi ini lazimnya digelar tepat pada malam 27 Ramadhan, dimana Sultan dan rombongan turun dari kesultanan untuk melaksanakan ibadah di Masjid Sigi Lamo.

“Memang sudah sejak awal berdirinya kesultanan Ternate pada tahun 1257 sebelum masehi (SM) tradisi ini  digelar dan terjaga sampai sekarang,”kata Sultan.

Sultan juga menambahkan, adapun imama yang dipakai Sultan itu usianya sudah lebih dari 700 tahun yang dipakai oleh Sultan sebelumnya.

“Sehingga tradisi ini juga digelar dengan tujuan untuk memohon hidayah dan keberkahan di bulan Ramadhan. Dan perayaan ini disambut meriah oleh warga Ternate mulai dari kalangan anak-anak hingga orang dewasa antusias hadir,”tambahnya. 

Kemudian Sultan dan rombongan juga melaksanakan shalat tarawih di Sigi Lamo, kemudian kembali ke Kedaton Kesultanan Ternate. Selain itu, perayaan ini juga diisi dengan tausiah oleh Mufti Kesultanan Ternate, Habib Abubakar Bin Hasan Al-Attas Azzabidi. (Red/TM) 

 

Bagikan: