Menu

Mode Gelap

Ternate · 7 Des 2023 08:41 WIT ·

Terima Penghargaan Meritokrasi Kategori Baik dari KASN, Wali Kota : Selanjutnya Pemkot Target Predikat Manajemen Talenta


 Wali Kota Ternate, M. Tauhid Solemana saat menerima penghargaan Meritokrasi 2023 kategori Baik dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) yang berlangsung di Kraton Grand Ballroom Yogyakarta Marriott Hotel, Kamis pagi (7/12/23). Perbesar

Wali Kota Ternate, M. Tauhid Solemana saat menerima penghargaan Meritokrasi 2023 kategori Baik dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) yang berlangsung di Kraton Grand Ballroom Yogyakarta Marriott Hotel, Kamis pagi (7/12/23).

TERNATE, TERBITMALUT.COM — Pemerintah Kota Ternate meraih penghargaan Meritokrasi 2023 kategori Baik dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Penghargaan itu, diterima langsung oleh Wali Kota, M. Tauhid Soleman di dampingi kepala BKPSDM Kota Ternate, Samin Marsaoly di Kraton Grand Ballroom Yogyakarta Marriott Hotel, Kamis pagi (7/12/23).

Sehingga, sudah tercatat ada 96 instansi pemerintah yang mendapat penghargaan kategori Baik atas penerapan sistem merit dalam manajemen ASN ini.

Usai menerima penghargaan, Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman mengatakan, Pemerintah Kota Ternate mendapat penghargaan meritokrasi kategori Baik dengan perolehan nilai 266.

Penghargaan yang diberikan, lanjut Tauhid, karena Pemkot Ternate sudah menerapkan birokrasi berbasis merit. Artinya, kita menginginkan bahwa pembangunan karir dibangun sedemikian rupa sehingga ada perlakuan yang bersifat fair.

“Sehingga, ASN bisa merasa bahwa sebuah karir akan memberikan peluang ke orang-orang terbaik untuk menduduki suatu jabatan, itulah yang menjadi ukuran sehingga KASN memberikan penghargaan ini,”tutur Tauhid.

Tauhid menyebut, kurang lebih sudah 2 tahun Pemkot Ternate menerapkan merit sistem dalam manajemen ASN. Meski, sudah mendapat penghargaan Anugerah Meritokrasi 2023, Pemkot Ternate masih mempunyai target selanjutnya, yakni memperoleh predikat manajemen talenta dalam pengisian kursi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT).

“Maka kedepannya kita juga mempersiapkan untuk masuk ke manajemen talenta. Saya kira ini penting, karena ketika manajemen talenta itu diberlakukan, maka open bidding (lelang jabatan) dikurangi. Apalagi proses melakukan open bidding itu cukup memakan anggaran,”ucapnya.

Wali Kota juga menambahkan, manajemen telen akan lebih mudah dan hemat dilaksanakan, karena melalui penilaian yang terdiri dari kurang lebih 9 area. Pengisian jabatan melalui manajemen telen lebih mudah karena bisa langsung ditunjuk melalui keterpenuhan nilai seorang.

Sementara, Kepala BKPSDMD Kota Ternate, Samin Marsaoly mengatakan, Meritokrasi merupakan titik balik yang berarti bahwa ASN merupakan sebuah barometer norma, standar, prosedur dan kriteria. Sehingga, orang orang yang punya potensi lah yang nantinya dipakai.

Kemudian, penghargaan yang diterima oleh Wali Kota dari KASN ini bukan hanya bernilai sebatas sebuah penghargaan, namun lebih dari itu, penghargaan ini akan menjadi cambuk atau penyemangat baru bagi seluruh ASN di lingkungan Pemerintah Kota Ternate.

“Jadi saya menyampaikan terima kasih atas dukungan terutama kepada para pengelola Kepegawaian di OPD. Penghargaan Meritokrasi ini untuk seluruh ASN di lingkungan Pemerintah Kota Ternate,”jelas Samin. (**)

Penulis : Sukur 

Artikel ini telah dibaca 19 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Pemkot Ternate Beri Bantuan Sosial Kepada Keluarga Korban Kebakaran Rumah

1 Maret 2024 - 08:48 WIT

Wali Kota Minta OPD Buat Permintaan Pembayaran TPP ASN di BPKAD Sebelum Ramadhan

1 Maret 2024 - 07:58 WIT

Tahun Depan, Rumdis TNI/Polri dan Jalan Tani di Batang Dua Dibangun

29 Februari 2024 - 07:18 WIT

Perumda Air Minum Ake Gaale Terus Meningkatkan dan Maksimalkan Pelayanan Air Bersih di Hiri dan Moti

29 Februari 2024 - 06:16 WIT

Sekda Buka Musrenbang Kecamatan Pulau Batang Dua, Sebanyak 95 Daftar Usulan Dibahas

28 Februari 2024 - 13:44 WIT

Investasi Pelayanan Air Minum Yang dibangun Oleh Perumda Air Minum Ake Gaale Kota Ternate

28 Februari 2024 - 07:56 WIT

Trending di Ternate