ads
ads

TERNATE, TERBITMALUT.COM — Wali Kota Ternate, Dr. M. Tauhid Soleman, menerima Penghargaan SPHP (Stabilisasi Pasokan Harga Pangan) Award untuk kategori Kota Inflasi Terendah kedua, Tahun 2022 dari Badan Pangan Indonesia (BPI)

Penghargaan SPHP Award 2023 digelar di Hotel Intercontinental Jimbaran, Bali Kabupaten Badung, pada Jumat, (15/9/2023) kemarin.

Diketahui Pemerintah Kota Ternate bersama 99 Kabupaten dan Kota di Indonesia, meraih penghargaan dari Badan Pangan Nasional setelah dinilai berhasil menjaga Stabilitas Pangan dan Harga Pokok (SPHP) di Kota Ternate.

Kota Ternate merupakan satu-satunya daerah di Provinsi Maluku Utara yang memperoleh SPHP Award 2023.

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Kepala Badan Pangan Nasional RI, H. Arief Prasetyo Adi kepada Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman.

Kegiatan yang digelar oleh Badan Pangan Nasional Republik Indonesia, sebagai bentuk apresiasi bagi insan pangan pusat dan daerah, BUMN, BUMD dan pelaku usaha pangan yang telah berkontribusi dalam menjaga inflasi pangan.

Penghargaan di bidang pangan yang diberikan oleh Badan Pangan Nasional merupakan penghargaan yang pertama dilaksanakan oleh Badan Pangan Nasional di tahun kedua berdirinya Badan Pangan Nasional.

Penghargaan ini merupakan wujud apresiasi Badan Pangan Nasional atas capaian prestasi Kabupaten/Kota dalam mengendalikan inflasi dan menjaga stabilitas harga tetap aman dan terjangkau.

Usai menerima penghargaan, Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman menyampaikan apresiasi, penghargaan dan ucapan terima kasih kepada Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) yang telah bekerja keras sehingga Kota Ternate mendapat penghargaan SPHP dari BPN.

Menurut Tauhid, penghargaan ini merupakan wujud nyata komitmen Pemerintah Kota Ternate bersama stakeholder dalam mengendalikan inflasi.

Dikatakan Wali Kota, memang inflasi kita masih cukup tinggi, tapi dengan komitmen semua pihak, saya yakin inflasi ini dapat ditekan.

“Terima kasih atas dukungan semua pihak sehingga Kota Ternate dapat meraih penghargaan ini,”katanya.

” Terima kasih dan apresiasi untuk Bank Indonesia Perwakilan Maluku Utara, Badan Pusat Statistik, kemudian untuk KSOP, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Pertanian, para agen dan distributor, para petani dan tentu dukungan seluruh masyarakat Kota Ternate, penghargaan ini kami dedikasikan untuk seluruh masyarakat Kota Ternate,”tambah Wali Kota.

Sementara, Kepala Badan Nasional RI, H. Arief Prasetyo Adi menyampaikan, penghargaan yang diberikan ini menjadi motivasi dalam menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan dan inflasi pangan sekaligus meningkatkan pertumbuhan ekonomi pelaku usaha pangan petani dan peternak.

“Maka tentunya ini menjadi tugas dari Pemerintah daerah dan stakeholder untuk terus menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan dan inflasi pangan di masing-masing daerah,”pungkasnya. (*)

Penulis : Sukur 

Bagikan: