ads
ads
ads
ads

Dr. M. Tauhid SolemanTERNATE, TERBITMALUT.COM — Pemerintah Kota Ternate menggelar Upacara Peringatan Hari Pahlawan ke-78 tahun 2023 berjalan khidmat yang berlangsung di halaman Kantor Wali Kota Ternate, Jumat (10/11/23).

Bertemakan “Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan”, upacara tersebut, Wali Kota Ternate, Dr. M. Tauhid Soleman, bertindak sebagai Inspektur Upacara dengan Perwira Upacara Sekretaris Dinas Sosial dan Pemimpin Upacara, Lurah Kelurahan Tabam.

Turut hadir dalam upacara tersebut Forkopimda Kota Ternate, Para Ketua Organisasi Wanita Kota Ternate, Para Kepala OPD, Camat, Lurah dan staf di lingkup Pemerintah Kota Ternate.

Wali Kota Ternate, Dr. M. Tauhid Soleman, saat membacakan sambutan Menteri Sosial Republik Indonesia Dr. (H.C.) Ir. Hj. Tri Rismaharini, mengatakan, tema ini diangkat melalui renungan yang mendalam untuk menjawab ancaman penjajahan modern yang kian nyata.

Karena, mengingat kita merupakan pasar yang besar dan dikaruniai begitu banyak sumber daya alam yang luar biasa seperti tanah yang subur, hasil laut yang melimpah, kandungan bumi yang menyimpan berbagai mineral.

Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman Saat Beri Bingkisan Kepada Pejuang Veteran Kota Ternate

“Maka inilah tantangan yang sesungguhnya bagi generasi penerus untuk mengelola kekayaan alam dan juga potensi penduduk Indonesia bagi kejayaan Bangsa dan Negara,”katanya.

Tauhid melanjutkan, ancaman dan tantangan ini akan kita taklukkan berbekal semangat yang sama seperti dicontohkan para pejuang 10 November 1945. Tidak mudah memang, tapi pasti bisa. Karena Pahlawan Bangsa telah mengajarkan kita nilai-nilai perjuangan. Nilai yang jika kita ikuti niscaya membawa jejak kemenangan.

“Pahlawan adalah orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran serta mengutamakan kepentingan Bangsa dan Negara di atas kepentingan kelompok dan atau diri sendiri,”ucap Wali Kota

Sehingga itu, kita harus bersyukur saat ini, semangat untuk berantas kebodohan dan perangi kemiskinan dapat dilihat dan dirasakan denyutnya di seluruh pelosok Negeri. Bersama kita bangun usaha dan ekonomi kerakyatan yang akan menjadikan Indonesia tumbuh menjadi negara yang makin maju, makin sejahtera.

Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman saat menyerahkan Piagam Penghargaan bagi ASN yang telah mengabdi dan memasuki masa pensiun.

“Selamat Hari Pahlawan tahun 2023. Marilah kita panjatkan doa bagi para Pahlawan yang telah gugur mendahului kita,”ucap Wali Kota.

Upacara tersebut dirangkaikan dengan penyerahan Piagam Penghargaan bagi ASN yang telah mengabdi dan memasuki masa pensiun oleh Wali Kota Ternate bersama Kepala Bank Mandiri Taspen, Kepala Cabang Taspen Kota Ternate, dan Kepala BKPSDMD Kota Ternate.

Usai upacara Wali Kota bersama Forkopimda dan Ketua Organisasi Wanita menyerahkan bingkisan kepada para pejuang veteran Kota Ternate. (**)

Penulis : Sukur 

Bagikan: