ads
ads

TERNATE, TERBITMALUT.COM — Mewakili Pemerintah Kota Ternate, Sekretaris Daerah Kota Ternate, Jusuf Sunya menerima penghargaan dari Kearsipan Nasional RI kategori “Kinerja Terbaik di Maluku Utara,”.

Jusuf Sunya menerima penghargaan Kearsipan dari Kepala Kearsipan Nasional RI, Imam Gunarto secara langsung di Hotel El-Royal, Banyuwangi, Jawa Timur, Selasa, (23/5/2023).

Acara tersebut juga dihadiri langsung Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Abdullah Azwar.

Usai menerima penghargaan, Sekda Kota Ternate Jusuf Sunya mengatakan, hari ini Pempus memberikan penghargaan kepada Pemerintah Kota Ternate, kategori Kinerja Terbaik di Maluku Utara.

Menurutnya, hal itu karena Pemkot Ternate dalam penyelenggaraan kearsipan mendapatkan nilai hasil pengawasan kearsipan kategori A (memuaskan).

“Kinerja kearsipan tersebut, dapat dicapai melalui upaya seluruh pihak dan komitmen Wali Kota, dalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan kearsipan Kota Ternate,”kata Jusuf seperti rilis diterima Terbitmalut.com

Jusuf menambahkan, sesuai amanat UU Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan dan UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah daerah. Maka dalam UU tersebut disebutkan, bahwa kearsipan sebagai urusan pemerintah wajib di daerah, diselenggarakan melalui pembinaan dan pengawasan.

“Untuk itu, pengawasan kearsipan pada pemda diperlukan untuk memastikan, bahwa arsip milik negara dikelola dan diselamatkan sebagai bahan akuntabilitas kerja, alat bukti yang sah, serta merupakan identitas dan jati diri sebagai memori kolektif bangsa,”ungkapnya.

Sehingga lanjut orang nomor tiga di jajaran Pemkot Ternate itu, bahwa penghargaan ini berdasarkan hasil pengawasan kearsipan tahun 2022, dan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) menyampaikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Pemerintah Kota Ternate.

“Jadi Penerimaan penghargaan itu sekaligus dirangkaikan dengan peringatan Hari Kearsipan ke-52 tahun 2023. Dan kegiatan rakornas evaluasi hasil pengawasan kearsipan, yang mengusung tema Gerakan Kearsipan Menuju Birokrasi Maju, Memori Kolektif Bangsa dan Peradaban Unggul,”pungkasnya. (SL/TM)

Bagikan: