ads
ads

TERNATE, TERBITMALUT.COM — Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman secara langsung launching aksi Perubahan Basic Akuntabilitas Pengendalian Terintegrasi (Baku Dasi) yang digagas Oleh Amiruddin Abd. Hamid Selaku Kepala Bidang Kasda BPKAD Kota Ternate, bertempat di Hotel Bella Internasional Selasa, (5/9/2023).

Tauhid Soleman menyampaikan, ini adalah salah satu langkah penting dalam perjalanan pengelolaan keuangan kita, di mana ada tekad untuk meningkatkan akuntabilitas, transparansi, dan integritas dalam pengelolaan keuangan dan aset daerah.

“Sehingga, Ini bukan hanya sebuah upaya reformasi, tetapi juga sebuah komitmen reformasi, untuk memberikan pelayanan yang lebih baik dan berdaya saing bagi masyarakat Kota Ternate,”kata Tauhid.

“Baku Dasi” yang merupakan singkatan dari basic akuntabilitas pengendalian terintegrasi adalah sebuah inisiatif yang sangat menarik, yang mencerminkan komitmen kita untuk meningkatkan akuntabilitas, pengendalian, dan integritas dalam pengelolaan keuangan dan aset daerah kita.

Bagi Wali Kota, ini adalah salah satu langkah penting dalam mencapai dan pemerintahan yang efektif transparan. Dalam lingkungan pemerintahan, akuntabilitas adalah kunci. Itu berarti kita harus siap bertanggung jawab atas tindakan dan keputusan kita.

“Maka kita harus selalu menjaga integritas dalam setiap langkah yang kita ambil, menjadikan kejujuran sebagai prinsip utama dalam menjalankan tugas-tugas kita. Dan kami, sebagai pemerintah, harus selalu berusaha untuk memastikan bahwa sumber daya publik digunakan dengan bijaksana dan efisien,”ungkapnya.

Tauhid juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh tim yang telah bekerja keras untuk merancang dan melaksanakan program “Baku Dasi,” adalah bukti nyata keseriusan kita dalam tugas kita sebagai pelayan menjalankan masyarakat.

“Kita semua tahu bahwa transparansi dan akuntabilitas adalah prinsip-prinsip dasar dalam tata kelola yang baik, dan kita tidak dapat mengabaikannya. Dalam era modern seperti sekarang, dimana sumber daya publik harus dikelola dengan bijak, langkah-langkah seperti baku dasi sangat relevan,”tuturnya.

Kata Mantan Sekda Kota Ternate itu, Ini akan membantu kita mengidentifikasi potensi penyelewengan, mengurangi risiko keuangan, dan memastikan bahwa setiap rupiah yang dikelola oleh badan pengelolaan keuangan dan aset daerah efisien dan efektif untuk digunakan dengan kesejahteraan masyarakat.

“Saya juga sangat mengapresiasi peran para pegawai badan pengelolaan keuangan dan aset daerah yang telah berdedikasi untuk mewujudkan visi ini. Karena kalian adalah ujung tombak dari perubahan ini dan saya berharap anda akan terus menjadi akuntabilitas dan teladan dalam praktik integritas di lingkungan kerja masing masing,”pungkasnya. (**)

Penulis : Sukur 

Bagikan: