ads
ads

JAKARTA, TERBITMALUT.COM — Wali Kota Ternate, Maluku Utara, M. Tauhid Soleman diundang dan hadir dalam acara puncak Hari Habitat Dunia (HHD) dan Hari Kota Dunia (HKD) tahun 2023.

Acara tersebut berlangsung di gedung Auditorium Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Jakarta Selatan Senin, (30/10/2023).

Di acara tersebut, Kementerian PUPR memberikan apresiasi berupa penghargaan bagi beberapa Kabupaten Kota, seperti penghargaan bagi Kota yang memiliki inisiatif menjaga serta mengangkat nilai Sejarah dan Budaya dalam mewujudkan ekonomi berkelanjutan.

Serta penghargaan bagi Kabupaten Kota yang baik dalam pengelolaan persampahan TPS3R (Tempat Pengolahan Sampah Reduce-Reuse-Recycle) berkelanjutan.

Foto Bersama Usai Kepala-Kepala Daerah Mendapat Penghargaan dari Kementerian PUPR RI. (Foto.Istimewa)

Menariknya, Kota Ternate mendapat dua penghargaan sekaligus. Sementara Kabupaten Kota lain hanya memperoleh masing masing satu dari dua penghargaan itu. Penghargaan diterima langsung oleh Wali Kota, M. Tauhid Soleman dari Menteri PUPR RI, Basuki Hadimuljono.

“Alhamdulillah, Kota Ternate satu satunya daerah yang pada malam hari ini (malam tadi) mendapat 2 apresiasi dari Kementerian PUPR,”kata Kepala Dinas PUPR Kota Ternate, Rus’an M Nur Taib seperti rilis diterima Terbitmalut.com

Menurut Rus’an, atas prestasi ini, Pemerintah Kota Ternate mendapat dua program dari Kementerian PUPR. Yang Pertama, program pengembangan kehidupan seni dan budaya perkotaan berbasis komunitas, sebesar Rp.5 miliar dan program Kedua adalah bantuan Becak sampah Rp.5 miliar.

“Dua program ini sebagai bentuk apresiasi dari Kementerian PUPR untuk Kabupaten Kota, termasuk Kota Ternate. Saya juga sudah sempat berdiskusi dengan teman-teman dari Kementerian PUPR, karena kita Kota Ternate dapat 2 penghargaan jadi kemungkinan 5 miliar dikali 2, jadi totalnya sekitar 10 miliar,”jelas Rus’an.

Dikatakan Rus’an, anggaran tersebut akan dikucurkan untuk mendukung keberlanjutan dari dua program yang sudah mendapat penghargaan di kesempatan ini.

Kemudian, lanjut Rus’an tentang kapan anggaran program itu akan dikucurkan, mantan Kepala BPPW Sulawesi Utara ini menuturkan, kemungkinan besar akan dikucurkan tahun depan (2024), sebab saat ini sudah di akhir tahun.

“Karena sekarang sudah mendekati akhir tahun, jadi kemungkinan anggaran program itu di tahun depan. Mudah-mudahan dengan apa yang diperoleh saat ini merupakan perwujudan komitmen Bapak Walikota mewujudkan Kota Ternate lebih baik ke depan,”pungkasnya. (ADV) 

Penulis : Sukur 

Bagikan: