Menu

Mode Gelap

Daerah · 14 Sep 2023 16:04 WIT ·

Lima Wilayah di Malut Akan Terjadi Hujan Lebat Selama 3 Hari, BMKG : Patut Diwaspadai Terjadi Banjir dan Tanah Longsor


 Prakiraan Cuaca BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Babullah Ternate, Zaky Alin Nuary, saat memantau Prakiraan Cuaca tiga hari ke depan. (Dok. Terbitmalut.com) Perbesar

Prakiraan Cuaca BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Babullah Ternate, Zaky Alin Nuary, saat memantau Prakiraan Cuaca tiga hari ke depan. (Dok. Terbitmalut.com)

TERNATE, TERBITMALUT.COM — BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Babullah Ternate menghimbau agar masyarakat Maluku Utara dapat berhati-hati dengan intensitas hujan lebat, tiga hari ke depan di 5 Kabupaten di Maluku Utara.

Prakiraan Cuaca BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Babullah Ternate, Zaky Alin Nuary mengatakan, tiga hari kedepan diperkirakan akan terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat, yang akan terjadi di wilayah Maluku Utara.

Menurutnya, ada beberapa wilayah yang patut diwaspadai hujan lebat, yang akan berdampak pada banjir bandang dan tanah longsor seperti di Kabupaten Halmahera Tengah, Halmahera Timur, Halmahera Barat, Halmahera Utara, Halmahera Selatan dan sebagian di wilayah Kota Tidore.

“Sementara di lima Kabupaten Kota lainnya hanya terjadi hujan ringan, seperti di Kota Ternate, Pulau Morotai, Taliabu,Kepulauan Sula dan sebagian Tidore Kepulauan,” katanya saat diwawancarai Terbitmalut.com pada Kamis, (14/9/2023).

Zaky juga menghimbau agar masyarakat yang mendiami di sekitar bantaran sungai dan lokasi sering terjadi longsor, harus berhati-hati dan terus memantau informasi resmi dari BMKG.

Selain hujan, lanjut Zaky, ada juga kondisi angin dan tinggi gelombang di wilayah Maluku Utara, yang akan terjadi angin kencang di 2-3 hari ke depan.

“Kemungkinan akan terjadi tinggi gelombang berkisar 05-2 meter dan terjadi pohon tumbang, di wilayah yang memiliki pohon yang besar, seperti Halmahera Selatan, Halmahera Tengah, Wilayah Loloda Halmahera Utara, termasuk wilayah Selatan Pulau Taliabu yang akan terjadi tinggi gelombang 0,5-1,50 meter,”pungkasnya. (**)

Penulis : Sukur 

Artikel ini telah dibaca 240 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Wali Kota Ternate Hadiri Rapat Persiapan Kongres JKPI Ke-VI di Jakarta Pusat

23 Februari 2024 - 11:00 WIT

Hasil Real Count Sementara KPU RI, Partai Golkar Unggul di Maluku Utara, Disusul PDIP dan NasDem

16 Februari 2024 - 10:02 WIT

Pemkot Tikep Kembali Usulkan 1.672 Kuota Calon PNS Maupun P3K Tahun 2024 ke Kemenpan-RB

6 Februari 2024 - 07:04 WIT

Gelar Apel Pergeseran Pasukan, Polda Terjunkan 845 Personel Backup Pengamanan TPS di Maluku Utara

6 Februari 2024 - 04:46 WIT

845 Personil Polda Malut Diterjunkan Untuk Pengamanan di Setiap TPS

5 Februari 2024 - 09:47 WIT

Satu Penumpang Speed Rute Ternate – Makian Dilaporkan Terjatuh di Laut

26 Januari 2024 - 08:00 WIT

Trending di Daerah