ads
ads
ads
ads

HALSEL, TERBITMALUT.COMDalam kunjungan kerjanya ke wilayah Kodim 1509/Labuha, Danrem 152/Babullah Brigjen TNI Elkines Villando Dewangga, didampingi Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 152 PD XVI/Ptm Ny. Indah Elkines membawa misi menggalakkan ketahanan pangan di Halmahera Selatan. 

Dengan melakukan penanaman berbagai tanaman pangan di lahan tidur seluas 2 Hektar yang berada di Desa Panamboang dan panen raya tomat di Desa Hidayat Halmahera Selatan Kamis, (13/4/2023). 

Program ketahanan sendiri merupakan salah satu dari program Nawacita Presiden Jokowi yang bertujuan untuk mengendalikan angka inflasi di Halsel yang didominasi dari pergerakan harga barito (bawang, rica, tomat). 

Selain keterbatasan stok akibat permintaan tinggi di musim menjelang Idul Fitri 1444 H, ini juga faktor cuaca seringkali mempengaruhi pergerakan harga bapok oleh karenanya ketersediaan pangan di wilayah sendiri menjadi keperluan yang mendesak.

Kegiatan penanaman perdana sendiri meliputi komoditas kedelai, tomat dan rica diharapkan pada beberapa bulan kemudian saat panen dapat memenuhi kebutuhan pasar khususnya di Halmahera Selatan.

Danrem 152/Babullah Brigjen TNI Elkines Villando Dewangga, menyampaikan bahwa program ketahanan pangan sendiri juga merupakan program prioritas Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman. 

“Maka untuk itu dalam setiap kunjungan saya selalu menekankan kepada jajaran untuk menggerakan seluruh komponen terkait untuk bersama-sama memanfaatkan lahan tidur yang sangat luas di wilayah kita menjadi lahan produktif dengan ditanami berbagai tanaman pangan,”katanya seperti rilis diterima Minggu, (16/4/2023).

Untuk itu pada hari ini kita bersama Forkopimda Halsel, agar bisa menjadi pilot project untuk dikembangkan lebih besar lagi.

Usai kegiatan tersebut Danrem 152/Babullah Brigjen TNI Elkines Villando Dewangga dan Ibu, dengan ikut disaksikan oleh Para Kasi Jajaran Korem 152/Babullah, Meninjau stand UMKM Mutiara. 

Dalam kesempatan yang sama juga, Danrem 152/Babullah mengatakan, dengan digelarnya UMKM Mutiara ini, diharapkan Bisa menjadi tonggak awal dalam menjalankan ekonomi kerakyatan. 

“Event Pameran tersebut diharapkan membawa nilai luar biasa dan strategi untuk melangkah ke depan membangkitkan ekonomi kerakyatan,”ucapnya. 

Menurut Danrem, UMKM merupakan garda terdepan, ujung tombak perekonomian berbasis Kerakyatan, karena Perekonomian Indonesia, pasca diterpa Covid-19, salah satunya UMKM bisa membangkitkan kembali semangat dan laju ekonomi Daerah. 

“Hal ini juga salah satu cara kita untuk mendukung program pemerintah dalam mengembangkan potensi dan ekonomi lewat UMKM dan kita wajib mendukung ibu-ibu untuk terus berkarya dan mengembangkan Keterampilan, serta kita harus memanfaatkan Teknologi dan Medsos untuk di promosikan Tutup Danrem,”tambah Danrem. (Red) 

Bagikan: