ads
ads

TERNATE, TERBITMALUT.COM — Waktu dekat, Wali Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara, M. Tauhid Soleman akan melakukan perombakan kabinet atau pelantikan secara besar-besaran.

Hal tersebut lantaran dokumen persiapan untuk pelantikan baik pejabat Eselon II, Eselon III, Eselon IV dan Kepala Sekolah sudah disiapkan. Bahkan Rencana pelantikan eselon II dan Eselon III, ini diluar kepala sekolah sebanyak 75 orang.

Terkait hal itu, Kepala BKPSDM Kota Ternate, Samin Marsaoly mengatakan, sebagai pejabat pengelola pegawai di lingkungan Pemkot Ternate sudah menyiapkan seluruh dokumen perencanaan terkait dengan rotasi dan mutasi.

Menurut Samin, Rotasi dan mutasi ini dilakukan terkait dengan proyeksi terhadap pejabat yang pensiun dan hasil evaluasi yang dilakukan oleh Wali Kota Ternate M Tauhid Soleman.

Maka sudah tentunya, di bulan Januari 2024 ini, sudah disiapkan tiga kali pelantikan terhadap pejabat eselon II yang sebelumnya telah dievaluasi dan uji kompetensi, dan sudah mendapatkan Rekomendasi dari KASN yang tentunya akan berdampak pada rotasi dan mutasi atas JPT.

“Untuk pejabat eselon III yang hingga saat ini telah mengalami kekosongan jabatan hampir 10 jabatan, termasuk dengan 4 jabatan juga masih kosong yang akan diisi oleh eselon III. Tidak hanya itu, jabatan struktural yang berada di tingkat kecamatan hingga lurah yang masih kosong akan diisi termasuk dengan kepala sekolah,”ucap Samin saat diwawancarai sejumlah awak media, Senin (15/1/2024).

Maksud dan tujuan dari perombakan ini, lanjut Samin, semata-mata agar visi misi Wali Kota Ternate yang tertuang dalam RPJMD Kota Ternate sudah harus bergerak cepat.

“Kenapa harus kita siapkan, karena jangan sampai nanti ada ketentuan mengenai UU Pemilukada itu diberlakukan, walaupun kita belum tahu pasti, hanya saja kita harus mempersiapkan lebih awal,”jelasnya.

Sehingga, proses mekanisme itu sudah bisa jalan di bulan ini atau akhir bulan ini. Termasuk dengan pelantikan kepala Sekolah kurang lebih 20 kepala sekolah.

“Sehingga, kita hanya menunggu waktu yang tepat, karena pak Wali masih memiliki agenda yang banyak. Hanya saja rencana kita itu di Minggu ini dilakukan pelantikan atau perombakan,”pungkasnya.

Samin menambahkan, dari sekian pejabat yang akan dilantik itu, tidak termasuk Dukcapil, karena masih ada tahapan wawancara dari Dirjen Dukcapil Kemendagri, dan SK nya dari Mendagri.

“Sehingga, kita berharap agar proses di Dukcapil juga segera selesai, dan bisa dilakukan pelantikan bersamaan dengan puluhan pejabat yang mau dilantik,”harapnya. (**)

Editor : Sukur 

Bagikan: