“Sarasehan dan UMKM Produk Lokal”

Oleh

Sudaryanto

TERNATE, Suba se salam kepada para Istri Wali Kota se-Indonesia di Kota Ternate, selamat datang di Kota Rempah, Kota kecil yang indah yang memiliki banyak cerita dan sejarah. Forum pertemuan istri Wali kota yang akan berlangsung mulai besok tanggal 2 sampai 4 Oktober 2023 ini pusatnya di titik nol Landmark kota ternate atau tepatnya di depan kantor Wali Kota Ternate.

Ini merupakan kesempatan yang luar biasa untuk mempromosikan kota Ternate kepada para istri Wali Kota se-Indonesia yang hadir nanti, ini merupakan ajang promosi kota ternate yang sangat bagus.

Sebab peran kaum wanita (istri walikota) dalam menggerakkan sektor ekonomi daerah, sarana promosi program kedaerahan, peningkatan dan pembangunan kapasitas, meningkatkan kelembagaan, ekspos potensi masing-masing lokal dan kesempatan untuk membangun kemitraan yang strategis di lintas daerah.

Acara sarasehan ini juga untuk memperkuat peranan para Istri Wali Kota dalam pembangunan ketahanan keluarga, mengingat istri Wali kota ini bukan hanya menjadi pendamping suami sebagai walikota saja, melainkan jabatan-jabatan sebagai TP PKK, Ketua Dekranasda, Bunda PAUD, Bunda Literasi, Ketua Kanker dan banyak jabatan lain yang bersinggungan langsung dengan masyarakat. Berharap banyak potensi yang dapat dikembangkan oleh para Istri Wali kota ini untuk kesejahteraan warga dan perkembangan wilayah, mengingat Ternate merupakan kota kepulauan yang mana memiliki ciri khasnya.

Dilihat dari persiapan acara sarasehan tersebut banyak sekali UMKM dilibatkan, salah satunya dari kelurahan figur kecamatan moti yang menjadi produk Andalan ialah souvenir saloi mini salah satu item produk kerajinan yang akan diberikan sebagai souvenir, terus ada tenun koloncucu yang akan dijadikan syal untuk digunakan oleh para istri walikota.

Sementara Produk lokal Mayana ecoprint yang digunakan untuk seragam para istri Wali kota, dan beberapa produk UMKM makanan dan minuman yang menjadi icon dalam acara tersebut. Semoga dengan berlangsungnya acara tersebut bisa mendorong dari segi ekonomi dan pariwisata kota ternate ke depan. “Saya berharap semoga kita menjadi tuan rumah yang baik dan memberikan kesan yang positif bagi para peserta istri Wali kota se-indonesia,”. (**)

Bagikan: