ads
ads

TERNATE, TERBITMALUT.COM — Rabu, (7/2/2024) besok, Wali Kota Ternate, Maluku Utara, M. Tauhid Soleman pimpin apel Akbar atau gabungan bersama seluruh ASN non ASN lingkup Pemerintah Kota Ternate, termasuk kepala-kepala OPD.

Hal itu disampaikan secara langsung Sekretaris Daerah Kota Ternate, Dr. Rizal Marsaoly Senin, (5/2/2024), saat diwawancarai di ruang kerjanya.

Menurut Rizal, hal ini dilakukan untuk terus memaksimalkan dan mengoptimalkan pelayanan di lingkup pemerintahan kota Ternate. Dan tentunya ini bagian dari semangat baru untuk para ASN.

Sehingga, kita coba untuk bangkitkan spirit baru para ASN, setelah saya diangkat menjadi Sekda, sebagai orang yang bertanggung jawab dan berperan penting terhadap ASN.

“Kita ingin meninggalkan paradigma lama yang tertanam di benak para ASN. Dan kita harus membutuhkan paradigma baru untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Memang di pundak ASN ini, banyak harapan masyarakat untuk perubahan Kota ini,”tutur Sekda.

Rizal menambahkan, ada empat pilar untuk bangkitkan semangat para ASN. Pertama, lanjut Rizal, ASN harus kreatif, kreatif yang dimaksud adalah menyikapi atau merespon secara cepat atas perubahan-perubahan, terutama pada tugas dan fungsi seorang ASN.

Kedua, inovatif, ASN harus mampu berinovasi dengan dinamika perubahan ke depan sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang diharapkan.

Ketiga, responsif, yang dimaksud adalah ASN harus mampu pekah terhadap apa yang dibutuhkan atau dikeluhkan oleh masyarakat.

Dan keempat adalah integritas ASN, integritas ASN harus dikedepankan untuk selalu menjaga semangat melayani kepada masyarakat Kota Ternate.

“Itulah empat pilar sebagai spirit baru untuk seluruh ASN di lingkup pemerintahan Kota Ternate di tahun 2024 ini,”jelas Rizal.

Untuk itu, Sekda juga berharap agar pada saat menggelar apel Akbar atau gabungan besok, Rabu 7 Februari 2024 seluruh kepala OPD harus hadir dan berada di barisan paling depan untuk mengatur pejabat struktural maupun non struktural sesuai barisan OPD nya masing-masing,

“Jadi kali ini, suasananya agak berbeda, untuk melakukan konsolidasi dalam satu kekuatan. Dan kita belum bisa bercerita apa yang harus kita lakukan, jika kita belum solid. Maka dengan solid dan kekompakan itu hadir, kita bisa memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat atau excellent service (Pelayanan Prima),”terangnya.

Karena yang ada sekarang itu, kata Rizal lagi, marketing sektor publik, dan pemerintahan tidak bisa orientasi profit. Tapi, bagaimana kita berpikir untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Maka marketing sektor publik ini harus diutamakan, sehingga paradigma lama ini kita dorong untuk diperbaiki oleh ASN untuk memberikan pelayanan yang baik terhadap masyarakat,”tambahnya. (**)

Editor : Sukur 

Bagikan: