ads
ads

TERNATE, TERBITMALUT.COM — Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Ternate, Maluku Utara, Dr. Rizal Marsaoly secara resmi membuka Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal (Ranwal) Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kota Ternate Tahun 2025-2045 bertempat di Ballroom Jati Hotel Kamis, (18/1/2024).

Kegiatan Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RPJPD Kota Ternate Tahun 2025-2045 ini, diinisiasi oleh Bappelitbangda Kota Ternate, dan dihadiri secara langsung PLT Bappelitbangda,Taufik Jauhar dan sejumlah Kepala OPD atau diwakili termasuk para Camat.

Di kesempatan itu, Sekda Kota Ternate, Dr. Rizal Marsaoly menyampaikan, tahapan ini penting untuk dipercepat, karena hampir di seluruh daerah di indonesia melaksanakan Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal (Ranwal) Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2025-2045.

Pembukaan Pelaksanaan Forum konsultasi publik Ranwal RPJPD Kota Ternate Tahun 2025-2045 Kamis, (18/1/2024).

“Dan ini sudah diinstruksikan oleh Kemendagri agar sebelum tanggal 19 Januari pelaksanaan Forum Konsultasi Publik Ranwal RPJPD sudah harus rampung. Dan tidak salah, di bulan Agustus 2024 semua RPJPD baik di Kabupaten Kota dan Provinsi harus sudah rampung semua,”ucap Rizal.

Menurut Sekda, pelaksanaan Forum Konsultasi Publik Ranwal RPJPD ini sangat representasi, karena turut dihadiri oleh orang-orang yang berkepentingan. Salah satunya teman-teman Disabilitas yang konsen di Seni dan Budaya.

“Sehingga dengan harapannya, Forum Konsultasi Publik Ranwal RPJPD ini akan menerima berbagai masukan, berbagai catatan, dengan tujuan akhirnya penyelesaian Ranwal RPJPD,”ungkapnya.

Kemudian, lanjut Rizal, Visi besar RPJPD ini akan dibawa ke DPRD di Minggu ketiga bulan Januari 2024 untuk dibahas Visi dan Misi jangka Panjang selama 20 tahun. Karena Injury Time RPJPD 20 tahun sebelumnya sudah mau berakhir.

“Sehingga di tahun 2025 dilakukan starting awal dan paling terpenting seluruh Kepala Daerah yang akan mengikuti Pilkada di tahun ini (2024) sudah harus teman-teman Bappelitbangda melalui KPU sudah harus memberikan kisi-kisi terkait RPJPD untuk RPJMD 2025-2030,”jelasnya.

Dengan tujuan, kata Sekda, agar mereka menyusun visi misi. Maka hari ini kita minta agar dipercepat pelaksanaan Forum Konsultasi Publik Ranwal RPJPD 2025-20245. Karena, nanti ada kebutuhan penyelenggara untuk meminta Rancangan Awal RPJPD.

“Makanya kita harus cepat menyempurnakan dan finalisasi RPJPD 2025-20245. Dan kita berkepentingan mendapatkan poin-poin kebijakan selama 5 tahun dari RPJMD tahap pertama. Jika pelaksanaan Pilwako dilaksanakan di bulan November atau September 2024 paling tidak mereka sudah bisa jadikan acuan bagi para Calon Wali Kota untuk merumuskan arah kebijakan mereka di dalam Visi Misi mereka, untuk menjaga konsistensi alur kebijakan pembangunan Kota Ternate untuk 5-20 tahun ke depan,”tambahnya. (**)

Editor : Sukur

Bagikan: