ads
ads
ads
ads

TERNATE, TERBITMALUT.COM — Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman, secara langsung menghadiri Pra Kongres Kebudayaan Indonesia (KKI) tahun 2023 bertempat di Muara Mall Kota Ternate, Senin (4/9/2023).

Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman mengatakan, Kegiatan Pra Kongres Kebudayaan Indonesia (KKI) Tahun 2023 ini merupakan momentum yang sangat berharga, di mana kita dapat bersama-sama menghimpun gagasan, pemikiran, serta masukan untuk penyusunan strategi dan kebijakan kemajuan kebudayaan yang akan menjadi panduan bagi Pengurus Koalisi Seni Indonesia.

Sejak dahulu kala, kata Tauhid, kebudayaan telah menjadi pondasi utama dalam membangun identitas bangsa. Kebudayaan tidak hanya mencerminkan sejarah dan kearifan lokal, tetapi juga menjadi sarana bagi kita untuk berkomunikasi, berbagi nilai- nilai, dan menjalin persatuan di tengah keragaman budaya yang begitu kaya di negeri ini.

“Indonesia adalah rumah bagi lebih dari 700 suku dan etnis, dengan bahasa dan budaya yang beraneka ragam. Dan inilah yang membuat Indonesia begitu istimewa,”katanya.

Kebudayaan adalah roh yang menghidupi sebuah kota. Kota tidak hanya berisi gedung- gedung pencakar langit dan jalan-jalan beraspal, tetapi juga memiliki jiwa yang tercermin dalam seni, musik, tarian, sastra, dan beragam ekspresi budaya lainnya. Oleh karena itu, kita semua memiliki tanggung jawab untuk melestarikan, mengembangkan, dan menghormati warisan budaya yang kita miliki.

“Ternate, sebagai Kota yang kaya akan sejarah dan budaya. Sebagai Wali Kota Ternate, saya sangat mengapresiasi inisiatif dari Pengurus Koalisi Seni Indonesia dalam mengadakan Pra KKI,” ucap Tauhid.

Menurut Tauhid, kegiatan ini menjadi ruang penting untuk menghimpun gagasan, pemikiran, dan masukan dari para budayawan, seniman, akademisi, dan masyarakat umum yang peduli terhadap kebudayaan.

Dikatakannya, Kebudayaan adalah warisan berharga yang kita warisi dari nenek moyang kita. Kebudayaan mencerminkan nilai-nilai, tradisi, dan kearifan lokal kita. la juga menjadi media untuk menyampaikan pesan-pesan kebijakan, toleransi, dan persatuan.

“Oleh karena itu, pengembangan dan pemajuan kebudayaan merupakan tugas bersama kita semua. Dalam konteks Ternate, kita dapat dengan bangga melihat bagaimana kebudayaan telah menjadi benang merah yang menghubungkan berbagai elemen masyarakat kita,” terangnya.

Dari seni tradisional, sastra, hingga perayaan keagamaan, Ternate memiliki kekayaan budaya yang patut kita lestarikan dan promosikan.Saat ini, kita berada pada zaman yang penuh tantangan, termasuk tantangan dalam melestarikan dan mengembangkan kebudayaan.

“Teknologi modern membawa perubahan besar dalam cara kita berinteraksi, namun kita tidak boleh lupa akan pentingnya mengakar pada akar budaya kita. Oleh karena itu, Pra KKI ini sangat relevan, karena melibatkan banyak pemikiran kreatif tentang bagaimana kita dapat memadukan tradisi dengan modernitas,”ungkap Tauhid.

Wali Kota juga berharap bahwa kegiatan ini bisa menghasilkan gagasan dan rekomendasi yang konkret untuk penyusunan strategi dan kebijakan pemajuan kebudayaan. Langkah-langkah ini akan menjadi panduan bagi kita semua, termasuk pemerintah kota, untuk memastikan bahwa kebudayaan tetap menjadi fondasi yang kuat bagi perkembangan Ternate.

Pra Kongres Kebudayaan Indonesia ini adalah wadah yang luar biasa untuk membahas bagaimana kita dapat terus mendorong kebudayaan sebagai motor penggerak perubahan positif dalam masyarakat kita.

“Ini adalah saat yang tepat untuk merenungkan bagaimana kita dapat memperkuat dukungan kepada seniman, budayawan, dan pekerja budaya, serta memastikan bahwa kebudayaan tetap menjadi fokus dalam pembangunan Kota kita,” pungkasnya.

Saya ingin mengapresiasi pengurus Koalisi Seni Indonesia atas inisiatif luar biasa ini. Semangat kolaborasi yang telah Anda tunjukkan adalah contoh nyata dari bagaimana bersatu kita bisa mencapai lebih banyak hal.

“Saya yakin bahwa dengan semangat ini, kita akan mampu menghadirkan perubahan positif dalam dunia seni dan budaya Indonesia,” tutupnya. (**)

Penulis : Sukur 

Bagikan: