ads
ads

TERNATE, TERBITMALUT.COM — Pemerintah Kota Ternate, Melalui Dinas Ketahanan Pangan akan kembali menggelar Gerakan Pangan Murah di hari ke-10 Ramadhan 1445 H/2024 M mendatang.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Ternate, Muhamad Hartono pada Kamis, (14/3/2024) mengatakan, pasca digelarnya gerakan Pangan Murah selama dua hari itu dapat memberikan dampak positif terhadap kondisi harga sembilan bahan pokok.

Baginya, ada 12 pangan strategis yang ada di Kota Ternate itu juga menjadi stabil, dengan arti tidak ada kenaikan harga pangan. Hanya saja, memasuki hari ketiga Ramadhan, ada kenaikan harga cabe rawit atau rica nona.

“Kenaikan yang ada di pasaran, melalui pemantauan yang dilakukan Dinas Ketpang itu karena adanya kekurangan stok. Sehingga, di Minggu ini juga akan ada stok cabe rawit yang masuk dari Kota Manado dan akan kembali normal harga cabai rawit seperti menjelang Ramadhan,”katanya saat diwawancarai Terbitmalut.com.

Untuk itu, lanjut Hartono, Dinas Ketahanan Pangan akan melakukan Gerakan Pangan Murah lagi di hari ke-10 Ramadhan. Kita juga akan melakukan koordinasi dengan Provinsi dan Badan Pangan Nasional untuk pelaksanaan pangan murah di Kota Ternate.

Termasuk koordinasi dengan pemerintah Kota dalam hal ini TPID untuk menentukan lokasi Gerakan pangan murah, agar tidak selalu berfokus pada satu titik. Sebagaimana, disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kota Ternate pada saat pembukaan Gerakan pangan murah pada Kamis 7 Maret 2024 kemarin.

“Agar masyarakat yang berada di Kecamatan lain juga bisa terlayani dengan adanya kegiatan Gerakan pangan murah nantinya dilakukan. Karena, kita tidak bisa menggelar pada satu kecamatan saja seperti di Kecamatan Ternate Tengah yang sudah kita lakukan,”ungkapnya.

“Dan Kota Ternate ini mempunyai 8 Kecamatan sehingga tidak terfokus pada satu Kecamatan saja, sehingga prinsip keadilan dan keseimbangan itu harus kita junjung sebagai Pemerintah Kota, agar masyarakat yang lain juga berhak mendapatkan pangan murah yang dilakukan,”sambungnya. (**)

Editor : Sukur

Bagikan: