ads
ads
ads
ads

Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman secara resmi launching rangkaian kegiatan HAJAT ke-773 yang dipusatkan di kawasan Pantai Falajawa pada Sabtu (2/12/2023)

TERNATE, TERBITMALUT.COMWali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman secara resmi launching rangkaian kegiatan Hari Jadi Ternate (HAJAT) 773 yang dipusatkan di kawasan ruang publik Pantai Falajawa pada Sabtu (2/12/2023) pagi.

Selain launching rangkaian kegiatan HAJAT 773 dengan tema “Ternate bersih, Ternate Sehat,” Wali Kota Ternate, juga turut resmikan ruang publik Pantai Falajawa setelah pekerjaan revitalisasi selesai dikerjakan.

Kegiatan launching HAJAT 773 dan peresmian ruang publik Pantai Falajawa, dihadiri Sultan Ternate, unsur Forkopimda Kota Ternate, Wakil Ketua DPRD Kota Ternate, para pimpinan OPD, ASN di lingkungan Pemerintah Kota Ternate serta ribuan masyarakat Kota Ternate.

Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman menyampaikan, terima kasih kepada panitia yang telah bekerja keras dan penuh dedikasi dalam menyiapkan rangkaian kegiatan Hajat 773 ini. Keberhasilan acara ini, merupakan cerminan kerjasama dan semangat gotong royong kita.

Maka, Hari Jadi Ternate bukan sekadar peringatan sejarah semata, melainkan sebuah panggilan untuk terus berbenah, berkembang, dan memberikan yang terbaik bagi kota ini.

“Karena, tema ‘Ternate Bersih, Ternate Sehat’ dipilih dengan pertimbangan mendalam untuk mengajak kita semua merenung, beraksi, dan berkomitmen menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan kita,”kata Tauhid.

Menurut Tauhid, launching HAJAT hari ini adalah awal dari serangkaian kegiatan yang penuh warna dan bermakna. Ajang perayaan ini bukan hanya untuk bersenang-senang, tetapi juga sebagai momen untuk bersatu, berbagi, dan memberikan yang terbaik bagi kota kita.

“Saya juga mengajak seluruh warga Ternate untuk berpartisipasi aktif dalam setiap kegiatan, sehingga kita dapat merasakan kebersamaan yang erat dan mendalam. Dan ternate bukan hanya identik dengan sejarahnya yang penuh dengan kejayaan sebagai negeri asal rempah semata, tetapi juga dengan keindahan alamnya yang memukau,”ucapnya.

Dikatakan Tauhid, sebagaimana yang dapat kita saksikan di tengah-tengah pandangan kita, ditengah-tengah keberadaan kita saat ini. Kawasan Falajawa sebagai bukti bahwa kota ini sebagai kota dagang sejak awal pra kolonial di masa lalu dengan keberadaan pelabuhan dan jembatan residen yang menjadi saksi bisu perjalanan sejarah bangsa terlebih ketika dijadikan sebagaiepisentrum pelabuhan pelayaran sejak era kolonial hingga kini.

“Maka tentunya menjadi begitu memukau sebagai destinasi wisata alam dan wisata sejarah. Oleh karena itu, bersamaan dengan peringatan Hari Jadi yang ke-773, kita perlu merajut harapan bersama untuk menjadikan Ternate sebagai kota yang bersih, hijau, dan sehat. Sebagai Kota Rempah, kita kaya akan ramuan rempah yang menyehatkan, sebagai kota rempah maka ternate merupakan salah satu destinasi favorit para wisatawan domestik maupun mancanegara,”jelas Wali Kota.

Sehingga, lanjut Tauhid, kesehatan warga masyarakatnya serta kebersihan lingkungannya merupakan syarat mutlak yang mesti kita penuhi. Bukankah pula bahwa kebersihan itu sendiri adalah bagian dari iman?.

“Melalui tema ini, mari kita tingkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, membuang sampah pada tempatnya, dan merawat keindahan alam yang menjadi anugerah. Dan kebersihan dan kesehatan merupakan pondasi bagi kualitas hidup yang baik, dan kita semua memiliki peran dalam mewujudkan itu,”paparnya.

Oleh karena itu, kata Ketua DPD NasDem Kota Ternate itu, tema ini tidak hanya menjadi slogan, tetapi sebuah panggilan untuk bertindak nyata. Mulai dari membuang sampah pada tempatnya, menjaga kebersihan kali mati (barangka) dan pantai, hingga mendukung program-program kesehatan, kita semua memiliki peran dalam mewujudkan ternate yang bersih dan sehat.

“Maka, rangkaian kegiatan Hajat 773 yang akan dimulai hari ini hingga momen puncak perayaan nanti, tidak hanya sebagai ajang hura-hura semata, tetapi juga sebagai wadah untuk menumbuhkan rasa kebersamaan dan kepedulian terhadap lingkungan sekitar kita,”ajaknya.

Mantan Sekda Kota Ternate itu juga menyampaikan, bahwa Kota Ternate telah berhasil meraih Penghargaan Kota Sehat untuk Kategori SWASTI SABA PADAPA yang diserahkan langsung oleh Menteri Kesehatan RI. Sehingga, Kita patut menyampaikan rasa syukur atas penghargaan yg diterima.

Dan ini menjadi bukti komitmen Kota Ternate dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat melalui kerja sinergi dan kolaborasi Forum Kota Sehat Kota Ternate (FKTS) bersama tim pembina FKTS kota ternate.

“Untuk itu, saya sampaikan apresiasi kepada Ketua Forum Kota Sehat Kota Ternate Yang telah bekerja keras bersama semua pihak khususnya lintas Sektor dan OPD teknis lingkup pemerintah kota Ternate yang telah berkontribusi dalam menjaga dan memelihara tatanan indikator yang menjadi dasar penilaian Kota Sehat untuk kesehatan dan kesejahteraan warga Kota Ternate,”terangnya.

Pemerintah Kota Ternate akan terus berupaya untuk melibatkan masyarakat dalam upaya menjaga kelangsungan perilaku hidup bersih dan menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat sebagai budaya hidup keseharian.

Orang nomor satu di Kota Ternate itu menambahkan, Penghargaan Kota Sehat ini, menjadi motivasi bagi Pemerintah Kota Ternate untuk terus meningkatkan koordinasi dan keharmonisan lintas sektor dalam peningkatan kualitas pelayanan di bidang kesehatan dan mengimplementasikan program-program daerah yang inovatif dan kreatif guna mencapai visi Kota Ternate sebagai kota yang Mandiri dan Berkeadilan.

“Dan penghargaan Kota Sehat untuk Kategori SWASTI SABA PADAPA adalah hadiah berharga pada launching Hajat 773 hari ini. Saya juga menyampaikan terima kasih kepada kader posyandu yang menjadi garda terdepan dan paling dekat dalam pelayanan kesehatan masyarakat,”tutupnya. (**)

Penulis : Sukur 

Bagikan: