ads
ads
ads
ads

TERNATE, TERBITMALUT.COM — Dalam rangka mendukung penyelenggaraan Pileg dan Pilpres 2024 di Kota Ternate, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Ternate, membuka layanan administrasi kependudukan pada hari libur dimulai dari tanggal 8,9,10, 11 dan pada hari pelaksanaan pemungutan suara tanggal 14 Februari 2024.

Pelaksana Tugas (PLT) Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Ternate, Hilman Silawane mengatakan, Dukcapil akan membuka pelayanan di mulai pukul 09.00 wit hingga selesai.

“Pelayanan yang disediakan oleh Dukcapil antara lain penerbitan Kartu Keluarga (KK), layanan pindah masuk, akta kelahiran, aktivasi Identitas Kependudukan Digital Kependudukan (KTP Digital) perekaman dan pencetakan KTP elektronik,”ucap Hilman Jumat, (9/2/2024).

Menurutnya, Pelaksanaan layanan di hari libur ini, dimonitoring langsung oleh Ditjen Dukcapil Kemendagri melalui Dinas Dukcapil Provinsi Maluku Utara.

“Alhamdulillah kita mendapat respon positif dari masyarakat dengan terobosan yang dilakukan. Karena, di hari pertama pelaksanaan layanan saja, Dukcapil mencatat menerbitkan 138 dokumen yang terdiri dari KK 13, KTP digital 48, KTP pemula 25 KTP perubahan 50, Akta kelahiran 2,”ungkapnya.

Sejalan dengan hal ini, lanjut Hilman, beberapa waktu lalu tepatnya pada tanggal 13 Januari 2024 lalu Dukcapil Kota Ternate telah melaksanakan inovasi “weekend service” atau layanan di hari Sabtu dan Minggu.

“Harapannya adalah masyarakat Kota Ternate akan memanfaatkan layanan di hari libur ini untuk mengupdate dokumen kependudukan terutama yang berkaitan dengan kepentingan pemilu di tanggal 14 Februari nanti,”pungkasnya. (**)

Editor : Sukur 

Bagikan: