TERNATE, TERBITMALUT.COM — Sejumlah kawasan ruang publik di kota ternate, Maluku Utara terus dibenahi dan tata ulang oleh Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman.

Walau baru pimpin Kota Ternate, 2 tahun 8 bulan sejak dilantik, Tauhid Soleman dinilai sukses memperbaiki wajah Kota Ternate dengan City Branding Ternate sebagai Kota Rempah.

Untuk itu, apa saja kawasan ruang publik yang sudah ditata ulang oleh Pemkot Ternate, dibawa Kepemimpinannya Wali Kota Andalan, M. Tauhid Soleman.

Pusat Kuliner Pandara Kananga Kelurahan Kampung Makassar Timur, Kota Ternate. (Dok.Edo Huka)

1.Pandara Kananga 

Pandara Kananga merupakan kawasan baru pusat kuliner di Kota Ternate, kawasan itu berada di Kampung Makassar Timur Kota Ternate, yang diresmikan boleh Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman Selasa, (25/7/2023) lalu.

Bahkan totalnya investasi yang dikeluarkan Pemerintah, baik Pemerintah Pusat dan Pemerintah Kota Ternate, yang begitu fantastis, Rp.85 miliar lebih.

Penyerahan Aset Pusat Kuliner Pandara Kananga ke Pemerintah Kota Ternate dari Balai BPPW Maluku Utara. Dok : Humas Pemkot

Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman menyampaikan, Pusat Kuliner Pandara Kananga merupakan simbol keberagaman kuliner, budaya dan keindahan alam yang dimiliki oleh Kota Ternate. Di sini, kita dapat menikmati beragam hidangan lezat yang menggugah selera, dengan cita rasa khas dan keunikan dari berbagai suku dan etnis yang ada di kota ini.

“Selain itu, keindahan alam yang memukau juga akan menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang datang berkunjung. Melalui Penyerahan dan Peresmian Anjungan Kuliner Ini, kita juga mengambil langkah maju dalam upaya memajukan sektor pariwisata di Kota Ternate,”katanya saat meresmikan kawasan tersebut Selasa, (25/7/2023).

Pariwisata adalah, lanjut Tauhid, salah satu sektor ekonomi yang memiliki potensi besar untuk menciptakan lapangan kerja baru, meningkatkan perekonomian masyarakat, serta memperkenalkan kekayaan budaya dan alam yang kita miliki kepada dunia.

“Dengan adanya Anjungan Kuliner ini, kita berharap dapat meningkatkan kunjungan wisatawan, baik dari dalam negeri maupun mancanegara, sehingga mampu memberikan dampak positif yang signifikan bagi pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Kota Ternate,”ucapnya.

Kawasan Pantai Falajawa. (Dok.Edo Huka)

2.Pantai Falajawa 

Pantai Falajawa yang terletak di kelurahan Muhajirin, Kecamatan Ternate Tengah, tak asing lagi ditelinga warga kota ternate. Karena, di lokasi tersebut sudah dijadikan tempat menyelam dan renang oleh masyarakat kota ternate, termasuk para wisatawan lokal hingga mancanegara.

Kawasan tersebut, sebelum diresmikan terlihat kusam dan kumuh, kini sudah disulap alias ditata kembali oleh pemerintah kota ternate. Sehingga, terlihat megah dan cantik untuk dijadikan tempat swafoto dan tempat santai para pengunjung, selain tempat menyelam dan renang.

Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman secara resmi launching rangkaian kegiatan HAJAT ke-773 yang dipusatkan di kawasan Pantai Falajawa pada Sabtu (2/12/2023). Foto : Istimewa

Kawasan tersebut, baru saja diresmikan oleh Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman sekaligus launching rangkaian kegiatan HAJAT 773 pada Sabtu (2/12/2023) lalu.

Kawasan Pusat Kuliner Kota Rempah. (Dok.Edo Huka)

3.Kawasan Pusat Kuliner Kota Rempah

Selain Pusat Kuliner Pandara Kananga dan Pantai Falajawa, salah tempat yang megah sebagai wajah baru Pusat Kuliner di Kota Ternate, yaitu “Pusat Kuliner Kota Rempah”, yang akan diresmikan Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman Minggu, 31 Desember 2023 malam, yang akan dirangkaikan dengan “Ternate Bersholawat”.

Kawasan ini juga, berada di belakang jatiland mall, Kelurahan Gamalama, Kota Ternate. Pusat Kuliner Kota Rempah ini juga disediakan berbagai fasilitas pendukung lainnya, seperti tempat duduk, hingga lampu hias yang membentang dari Utara hingga Selatan.

Pusat Kuliner Kota Rempah Belakang Jatiland Mall. (Dok.Edo Huka)

Kawasan ini juga terdapat pelabuhan speedboat rute Ternate-Sidangoli, termasuk ruang tunggu yang ditata ulang oleh pemerintah Kota.

Walaupun belum diresmikan, kawasan ini sudah ramai dikunjungi oleh warga, untuk bersantai dan berswafoto bersama keluarga maupun pasangan mereka.

Sebelumnya, pada Rabu (20/12/2023) Kepala Bappelitangda Kota Ternate, Dr. Rizal Marsaoly mengatakan, di tanggal 31 Desember 2023 malam tahun baru 2024 kawasan Pusat Kuliner Kota Rempah akan diresmikan Wali Kota. Sekaligus dirangkaikan dengan Ternate Bersholawat.

Karena, bagi Rizal, di akhir tahun 2023 ini kita akan menyambut tahun baru 2024. Sehingga, paling tidak kita berada pada suasana yang bernuansa keagamaan (bersholawat), bersama dengan Wali Kota Ternate, masyarakat dan seluruh OPD-OPD, termasuk Forkopimda yang akan kita undang.

Lapak Pedagang Pusat Kuliner Kota Rempah. (Dok.Edo Huka)

Menurut Rizal, berdasarkan hasil rapat sebelumnya bersama dengan Disperindag, Dinas Koperasi dan UMKM, untuk 45 pedagang saat ini sudah melakukan proses persiapan.

Untuk pasokan air bersih dan listrik, lanjut Rizal, akan ditanggung oleh masing-masing pedagang, dan mereka sudah meminta bantu kepada pemerintah agar memfasilitasi mereka dengan pihak Perumda Ake Gaale dan PLN, hal itu sudah menjadi kesepakatan bersama.

“Untuk itu, kawasan Pusat Kuliner Kota Rempah ini sudah klir. Artinya sudah siap dilakukan peresmian oleh Pak Wali Kota,”tambahnya. (**)

Editor : Sukur 

Bagikan: