ads
ads

TERNATE, TERBITMALUT.COM — Dinas Ketahanan Pangan Kota Ternate menggandeng sejumlah pihak mulai dari BULOG, Bank Indonesia, Distributor Sembako hingga Distributor Barito guna menggelar Gerakan Pangan Murah yang berlangsung di Halaman Taman Film Benteng Orange Kelurahan Gamalama, Kota Ternate, Kamis dan Jumat Kemarin (7-8/3/2024).

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Ternate, Muhamad Hartono menyampaikan, gerakan Pangan Murah tersebut digelar dalam rangka menekan angka inflasi dan menyambut bulan suci Ramadhan 1445 H serta sebagai upaya stabilisasi pasokan dan harga pangan pasca naiknya beberapa bahan pokok yang merupakan dampak kemarau panjang yang diakibatkan fenomena El Nino.

Dinas Ketahanan Pangan Kota Ternate Menggelar Gerakan Pangan Murah yang di pusatkan di taman Filem Benteng Oranje Kamis, (7/3/2024). Dok. Humas

Selain itu, kata Hartono, pelaksanaan gerakan Pangan Murah yang menarik minat ratusan masyarakat Kota Ternate tersebut merupakan salah satu aksi nasional yang diinisiasi Badan Pangan Nasional walaupun pelaksanaannya tidak serentak dilaksanakan adalah guna mendukung masyarakat memperoleh kebutuhan pokok dengan harga terjangkau, salah satunya di Kota Ternate

“Gerakan Pangan Murah ini dilaksanakan sebagai bagian dari hadirnya pemerintah Kota Ternate dalam upaya membantu masyarakat di tengah musim pancaroba yang sulit diprediksi ini sehingga kebutuhan pokok pangan masyarakat tetap aman, murah dan terjangkau,”tuturnya kepada Terbitmalut.com Sabtu, (9/3/2024).

Lanjut Bib Ato biasa disapa Kadis Ketpang itu, melalui kegiatan tersebut masyarakat bisa memperoleh bahan pokok seperti beras, gula pasir, tepung terigu, minyak goreng, daging ayam, telur ayam, bawang merah, bawang putih, cabai rawit, cabai merah dengan harga murah di bawah harga pasar.

Sementara itu, Halimah yang merupakan warga Desa Sango saat ditemui usai belanja kebutuhan pokok mengatakan, dirinya menyambut baik dan mengapresiasi atas digelarnya gerakan pangan murah.

Dengan hadirnya Gerakan Pangan Murah tersebut, menurut Halimah membawa dampak positif yang sangat dirasakan oleh masyarakat terlebih disaat harga kebutuhan pokok di pasaran cenderung naik.

“Saya berharap kegiatan gerakan pangan murah ini dapat mendorong harga di pasar segera normal Kembali dan Pemkot Ternate dapat terus memantau harga di pasar sehingga harga kebutuhan pangan pokok dapat terjangkau oleh masyarakat,”harapnya.

Hal yang sama juga disampaikan Nurlaeli yang jauh jauh dari Kalumata datang untuk membeli Bapok ini, mengucapkan terima Kasih Kepada Pemerintah Kota Ternate dan Walikota yang telah menggelar Pasar Murah dalam menyambut Bulan Suci Ramadhan.

“Terima kasih pak wali Alhamdulillah Torang pe kebutuhan puasa bisa dibeli dengan harga terjangkau di pasar murah ini,”ucap Nurlaeli yang sehari hari sebagai penjual kue takjil ini.

Dalam kegiatan Gerakan Pangan Murah itu,terlihat antusiasme warga membeli bahan sembako yang dijual di Pasar Murah sangat tinggi. Hal ini nampak dari antrian panjang warga untuk mendapatkan bahan pokok di lokasi kegiatan.

Antrian panjang itu dilayani dari pagi sampai sore hari pukul 16.00 WIT. Masyarakat nampak sabar menanti antrian untuk mendapatkan sembako. (**)

Editor : Sukur 

Bagikan: