ads
ads
ads
ads

WEDA, TERBITMALUT.COM — Penjabat (Pj) Bupati Halmahera Tengah, Ikram Malan Sangadji, secara resmi membuka   Festival Fagogoru Tahun 2023 yang berlangsung di Arena Budaya Pandopo Falcilno Weda, pada Jumat, (15/12/2023) malam.

Pembukaan acara tersebut diawali tabligh akbar, dengan menghadirkan Habib Sayyid Muhammad Al Baqir Ali Bin Thohir, dan Dr. Habib Ali, Alwi, M.Si, sebagai penceramah serta menghadirkan Qori Internasional H. Muhammad Ali, yang turut membacakan Ayat Suci Alqur’an, Surah Bani Israil Ayat 70 s.d 85.

Tabligh akbar, Festival Fagogoru Tahun 2023 yang diprakarsai Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Halmahera Tengah, mengusung tema, “Dengan tabligh akbar, kita memperkuat Iman dan Islam serta memperkokoh persatuan dan kesatuan menuju Halteng maju dan jaya.”

Turut hadir, Forkopimda Halteng beserta Ibu, Sekda Halteng Yanto M. Asri, bersama Ibu, para Staf Ahli Bupati, Asisten dan Pimpinan OPD di lingkup Pemkab Halteng beserta Ibu.

PJ. Bupati, Ikram M. Sangadji meminta agar negeri fagogoru didoakan oleh Habib, karena negeri ini menjadi negeri yang damai, negeri yang sumber daya alamnya yang besar.

Lanjut, Ikram, sumber daya alam Halteng tidak hanya memberikan manfaat ekonomi skala lokal tetapi memberikan manfaat kepada seluruh dunia yang membutuhkan sumber daya ini.

“InsyaAllah sumber daya ini memberikan manfaat kepada seluruh manusia dan memberikan kemaslahatan bagi umat manusia. Di daerah manapun sumber daya ini menjadi tujuan,”ucapnya.

Bupati menyampaikan, tabligh akbar adalah bagian dari menyampaikan informasi, risalah, dan semua hal yang terkait dengan Hablum minallah dan Hablumminannas yang pada kesempatan ini dirangkaikan dengan festival fagogoru.

Lebih lanjut kata Bupati Ikram, festival adalah sebuah pesta, yang dihubungkan dengan karakteristik suatu wilayah, karakteristik suatu komoditas.

“Alhamdulillah pada malam hari ini saya akan membuka secara resmi festival budaya, yang kita sebut festival fagogoru. Festival yang ingin mengangkat budaya dan menghimpun history dari budaya Fafogoru,”jelas Bupati Ikram.

Rangkaian inilah, kata PJ Bupati, kita kombain dengan tabligh akbar, yang insyaAllah dengan mengumandangkan hubungan antara manusia dengan Allah dan hubungan manusia secara sosial dan tidak membedakan status sosial, strata sosial, agama dan budaya untuk merangkum semua berada dalam satu tujuan membangun Kabupaten Halmahera Tengah dan mendapat ridho dari Allah SWT.

Dikatakannya, dengan tabligh akbar kita kumandangkan dan teladan kan Ayat Suci Al Qur’an dan Shalawat Nabi serta hadirkan history (perjalanan) yang telah dilakukan oleh Nabi Besar Muhammad SAW, seraya meminta ridha Allah SWT, sehingga negeri ini menjadi negeri yang damai, masyarakat yang sejahtera dan dijauhkan dari cobaan dan musibah.

InsyaAllah, tambah Ikram, acara ini berjalan lancar dan menghasilkan apa yang kita harapkan dan cita-citakan, dan nantinya akan dikemas, akan dibuat lebih besar lagi dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat di Kabupaten Halmahera Tengah.

“Sehingga kita tidak terpisah, menjadi satu kesatuan yang penuh hikmah dan penuh tujuan bersama, agar cita-cita dan harapan dari para pendahulu, kita kembangkan sehingga menjadi keindahan dan kesuksesan bagi anak cucu kita ke depan,”pungkasnya. (**)

Penulis : Sukur 

Bagikan: