ads
ads
ads
ads

TERNATE, TERBITMALUT.COM — Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman meresmikan Kantor Kelurahan Kulaba, yang bersamaan membuka pelaksanaan Musrenbang tingkat Kecamatan Ternate Barat Senin, (12/2/2024).

Tema yang diangkat pada Pelaksanaan Musrenbang RKPD Tahun 2025 di tingkat Kecamatan, merujuk pada arah kebijakan RPJMD Kota Ternate pada Tahun 2025, yaitu “Pelestarian Cagar Budaya dan Entitas Keragaman Sosial Budaya serta Mitigasi Kebencanaan Untuk Pengembangan Ruang Kota Ternate Yang Mandiri dan Berkeadilan”.

Dalam kesempatan itu, Tauhid Soleman menyampaikan, pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) kepada Pemerintah Daerah. Proses penyelenggaraan Musrenbang tersebut haruslah bersifat partisipatif, akuntabel, transparan dengan menekankan pentingnya mendorong keterlibatan stakeholders.

Menurut Wali Kota, Musrenbang merupakan wadah yang disediakan Pemerintah bagi masyarakat, untuk dapat berpartisipasi secara lebih aktif dalam proses perencanaan pembangunan yang dilaksanakan dari tingkat Kelurahan, yang pelaksanaan Musrenbang Kelurahan telah dimulai dari tanggal 22 Januari sampai dengan tanggal 31 Januari 2024.

Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman saat memberikan Sambutan. (Dok.Humas)

Musrenbang adalah agenda tetap yang kita laksanakan setiap tahun, dan memiliki makna strategis yang menentukan arah pembangunan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat Ternate.

“Maka musrenbang Kecamatan Ternate Barat ini, merupakan forum musyawarah antar para pemangku kepentingan untuk membahas dan menyepakati langkah-langkah penanganan program kegiatan prioritas yang tercantum dalam Daftar Usulan Rencana Pembangunan Kelurahan yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan Kota Ternate di wilayah Kecamatan Ternate Barat, yang dikoordinasikan oleh Bappelitbangda Kota Ternate dan dilaksanakan oleh Camat,”kata Tauhid.

“Hasil musrenbang kecamatan dijadikan sebagai bahan masukan dalam penyusunan rancangan Renja Perangkat Daerah tahun perencanaan 2025,”sambung Tauhid.

Suasana Musrenbang Tingkat Kecamatan Ternate Barat yang dihadiri Wali Kota dan Sekda. (Dok.Humas)

Untuk itu, Tauhid juga mengapresiasi pelaksanaan Musrenbang Kelurahan yang telah dilaksanakan, peran aktif masyarakat di tingkat Kelurahan pada wilayah Kecamatan Ternate Barat, telah menghasilkan 194 Daftar Usulan, yang terdiri dari Bidang Ekonomi dan Sumber Daya Alam, sebanyak 56 Usulan, Bidang Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah sebanyak 104 Usulan dan Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia sebanyak 34 Usulan.

Dari usulan itu, nantinya akan dirumuskan bersama dalam Musrenbang Kecamatan ini, untuk dimasukkan ke dalam prioritas usulan Kecamatan Ternate Barat. Selain itu, berbagai Program Andalan yang menjadi komitmen, dimaksudkan untuk mendukung capaian Program Pembangunan Daerah melalui 14 Program Prioritas.

“Seperti Penanganan Sampah Perkotaan Berbasis Partisipatif Masyarakat, Konservasi Sumber Daya Air, Pemberian Bantuan Pemberdayaan Untuk Peningkatan Ekonomi Masyarakat dan Dukungan Pemerataan Pembangunan melalui Peduli BAHIM (Batang Dua, Hiri dan Moti), akan kita realisasikan pada Tahun 2024 ini,”ujarnya.

Dikatakan Tauhid juga, Musrenbang akan tetap menjadi alat atau instrumen yang diatur oleh Pemerintah dalam menjaring aspirasi warga, karena melalui perencanaan bottom up ini, telah masuk sejumlah kegiatan hasil Musrenbang tahun 2023 pada APBD 2024.

Dan hari ini adalah salah satu bukti Kantor Kelurahan Kulaba yang merupakan hasil Musrenbang bisa terbangun. Selain Musrenbang normatif, ada juga sejumlah usulan melalui Musrenbang Komunitas dengan tagline Ternate Youth Planner juga sudah terakomodir dalam APBD 2024.

“Sehingga, saya akan tetap mengawal setiap tahapan pelaksanaan Musrenbang, yang dimulai dari tingkat Kelurahan sampai APBD itu disahkan. Dan akan kita memperjuangkan dan memperhatikan hak-hak warga Saya yang tersalur melalui tahapan Musrenbang ini,”ungkapnya.

Selain pelaksanaan Musrenbang Kecamatan Ternate Barat, juga dirangkaikan dengan Peresmian Kantor Kelurahan Kulaba yang representatif. Peresmian ini merupakan jawaban dari aspirasi masyarakat Kelurahan Kulaba yang berharap adanya tempat layanan yang lebih representatif.

“Karena, selama ini kinerja Kelurahan sudah baik, dan Saya berharap dengan adanya gedung baru ini kinerja aparatur yang selama ini sudah baik terus ditingkatkan. Adanya gedung baru ini, perlu diikuti dengan motivasi dan etos kerja yang baru, semangat kerja yang berlipat, mengingat Kelurahan memegang peranan penting dalam menjamin mekanisme pelayanan kepada masyarakat,”harapnya.

“Untuk itulah, Wali Kota juga mengharapkan kepada semua Perangkat Daerah, pihak kecamatan, para pemangku kepentingan dan stakeholder lainnya, mari bersama kita saling berkoordinasi dan berkomitmen, untuk melihat urgensi kebutuhan dalam merumuskan usulan program kegiatan setiap tahun melalui pelaksanaan Musrenbang ini, dengan memperhitungkan ketercapaian target indikator dan capaian pada program RPJMD yang telah terintegrasi,”pinta Tauhid. (**)

Editor : Sukur 

Bagikan: