TERNATE, TERBITMALUT.COMKepala BKPSDM Kota Ternate, Samin Marsaoly mengatakan, hasil Uji Kompetensi (Ukom) Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama Sekretaris Daerah Kota Ternate, Jusuf Sunya sudah diserahkan ke Wali Kota Ternate selaku PPK pada Jumat, (1/9/2023) kemarin. 

Menurut Samin, setelah hasil Ukom itu diserahkan ke Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman selaku Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK), maka sehari dua akan diserahkan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). 

“Karena ada rotasi dan mutasi sebagaimana amanat dari dalam pasal 142 ayat (1-4) Peraturan Pemerintah Nomor 11 tahun 2017 tentang Manajemen PNS yang menyebutkan bahwa Pejabat tinggi pratama melaksanakan Ukom karena tidak mencapai target kinerja yang disepakati tidak diperlukan rekomendasi KASN,”ucapnya.

Sembari menunggu rekomendasi KASN nanti, kita berharap agar tidak terlalu lama surat Rekomendasi itu dikeluarkan. Karena pada intinya, setelah hasil Ukom itu sudah keluar makan pastinya ada rotasi dan mutasi. Termasuk, beberapa jabatan yang lain, selain Jabatan Sekda Ternate. 

“Karena kemarin kita sudah lakukan asesmen, memang itu sudah menjadi satu kesatuan. Dan memang banyak jabatan yang kosong seperti di Asisten Wali Kota dan Staf Ahli Wali Kota. Termasuk ada yang pensiun seperti Arif Gani sebagai Staf Ahli pada Jumat, (1/9/2023) kemarin,”ungkap Samin. 

Sehingga, Samin menyampaikan terima kasih atas jasa dan pengabdian dari pak Arif Gani sebagai seorang ASN yang menjabat sebagai Kepala BPBD hingga Staf Ahli Wali Kota. 

“Untuk itu, jabatan yang kosong itu akan segera diisi dalam waktu dekat karena sudah dilakukan asesmen di tiga Minggu yang lalu,” tambahnya. (**) 

Penulis : Sukur 

Bagikan: