ads
ads
ads
ads

TERNATE, TERBITMALUT.COM — Membanggakan salah satu pemudi dari Komunitas Kota Ternate mewakili Pemuda Indonesia memberikan sambutan di hadapan 98 Walikota pada Youth City Changers dalam momentum RAKERNAS APEKSI XVI 2023 di Makassar Sulawesi Selatan (Sulsel) Rabu, (12/7/2023).

Laila Rahmadini H A Kahar, didampingi Wali Kota Bogor Bima Arya yang juga Ketua APEKSI menjadi keterwakilan dari Pemuda Ternate untuk memberikan sambutan di hadapan 98 Wali Kota se-Indonesia.

Salam khas Ternate “Jo Suba” pun bergemuruh di arena Rakernas APEKSI saat Laila Rahmadini membuka salam “Suba Jo”, sebelum menyampaikan pidatonya.

Saat menyampaikan sambutannya Laila berterima kasih kepada Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman, yang telah banyak melakukan sinergitas dan kolaborasi bersama para komunitas di Ternate.

Di hadapan 98 Walikota se-Indonesia, Laila Rahmadini menyatakan, jika Pemerintah Kota Ternate tidak mendukung keberlangsungan komunitas, mana mungkin saya bisa hadir di sini dan memberi sambutan di panggung ini.

“Ini semua berkat kolaborasi dari Pemerintah Kota Ternate, dibawa Kepemimpinan M. Tauhid Soleman bersama Komunitas Pemuda yang ada di Ternate,” katanya.

Laila Rahmadini H A Kahar saat Foto Bersama Dengan Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman. (Istimewa)

Lebih lanjut, Laila juga menekankan bahwa peran pemuda merupakan representasi kemajuan dan kesiapan satu bangsa atas tugas negara. Ide-ide kreatif dan inovatif yang lahir dari pemuda dapat memberikan dampak yang begitu besar dalam mendukung sinergi antar Kota untuk menciptakan Kota maju, menuju Indonesia yang kuat.

“Karena suara pemuda dipercaya mampu menghasilkan rekomendasi kebijakan pemerintah kota. Dengan demikian, Youth City Changers dalam momentum Rapat Kerja Nasional (Rakernas) APEKSI XVI 2023 hadir sebagai wadah kolaborasi pemuda antar kota se-Indonesia untuk mengeluarkan aspirasi,” ucapnya.

Untuk itu, kegiatan ini akan berlangsung selama dua hari, yang menghadirkan para tokoh inspiratif nasional yang akan memberikan gambaran mengenai strategi pemuda dalam mendukung pembangunan kota yang maju.

“Yang akan diisi dengan keterlibatan aktif para pemuda dalam menyuarakan ide-ide kreatif mereka, serta memberikan saran terkait strategi menciptakan kota yang maju menuju Indonesia yang kuat dalam sesi persidangan yang akan dilaksanakan,”paparnya.

Dikatakannya, kegiatan ini dirancang oleh Sekretariat Nasional (SEKNAS APEKSI) dan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Makassar dalam rangka memberikan wadah kolaborasi kepada seluruh Pemuda di Indonesia untuk berkontribusi positif dalam upaya menyusun dan mendeklarasikan suara kepemudaan di Indonesia.

“Memang kegiatan yang dirancang ini terkait dengan strategi dalam mendukung pembangunan Kota yang maju dari berbagai aspek, mulai dari strategi pemberdayaan pemuda, pengembangan kemampuan teknologi informasi era digitalisasi, hingga agenda pembangunan berkelanjutan,”tuturnya.

Sementara itu, Ketua APEKSI dan juga Wali Kota Bogor, Bima Arya dalam sambutannya menyampaikan, bahwa ajang ini dikhususkan untuk menjadi wadah penguatan sinergi para pemimpin kota masa depan, konsolidasi agenda perubahan, pembangunan berkelanjutan, serta pengembangan teknologi dan informasi digital yang dipusatkan pada pemuda.

“Mengingat pemuda adalah representasi kemajuan dan kesiapan suatu bangsa atas tugas negara. Untuk menyiapkan generasi berikutnya menuju generasi emas tahun 2045,”kata Bima.

Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman bersama Ketua TP-PKK Kota Ternate, Ny. Marliza M Tauhid, saat menghadiri Gala Dinner dalam Rakernas APEKSI di Kota Makassar. (Istimewa)

Terpisah, Wali Kota Ternate, M Tauhid Soleman juga memberikan selamat untuk Laila Rahmadini H A Kahar.

Menurut Tauhid, pemerintah Kota Ternate akan terus membuka ruang kolaborasi. Aktivasi yang telah dilakukan antara lain even-even yang melibatkan komunitas pemuda Ternate.

Selain itu, kata Tauhid, Pemkot Ternate lewat Bappelitbangda sudah menyelenggarakan Musrenbang komunitas sebagai penguat dalam proses perencanaan Pembangunan Kota Ternate.

Untuk itu, saya berharap kolaborasi yang inovatif ini tidak sampai pada sebatas seremoni, tapi komunitas pemuda Kota Ternate harus menjadi bagian dalam proses pembangunan hingga menjadi aktor dalam pemberi masukan untuk kebijakan pemerintah Kota Ternate ke depan.

“Maka Inilah harapan kita semua untuk masa depan Kota Ternate yang terus berbenah agar lebih maju,”tambah Tauhid. (**)

Penulis : Sukur 

Editor : Redaksi

Bagikan: