ads
ads
ads
ads

TERNATE, TERBITMALUT.COM — Nanda Maulidya putri utusan Kota Ternate mewakili Provinsi Maluku Utara, masuk di Tim Paskibraka Nasional pada peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-78 tahun 2023 di Istana Negara.

Berdasarkan rilis diterima melalui Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kota Ternate Agus Fian Jambak, Rabu (17/5/2023).

Agus mengatakan, surat keputusan terkait hasil seleksi Nasional dan Provinsi Maluku Utara untuk tahapan seleksi pembentukan tingkat Nasional dan Provinsi yang diselenggarakan dari tanggal 14 – 17 Mei tahun 2023 resmi diumumkan pada acara penutupan seleksi tadi malam di Aula Hotel Bolote Sofifi.

Menurutnya, tahapan seleksi tingkat Nasional dan Provinsi tidak jauh berbeda dengan pelaksanaan seleksi di Kab/kota yang mengacu pada regulasi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). Namun, ada tambahan berupa seleksi Psikologi dikhususkan bagi peserta yang memenuhi syarat ke tahapan seleksi Nasional.

Perwakilan Kota Ternate pada seleksi tingkat Provinsi dan Nasional mengirimkan perwakilannya yang terdiri dari 4 putra dan 4 putri. Dan mereka mampu menyelesaikan seluruh rangkaian tahapan seleksi provinsi,  sehingga 3 putri masuk pada nominasi ke tingkatan seleksi Nasional.

“Dan akhirnya perwakilan putri utusan Kota Ternate atas nama Nanda Maulidya, terpilih dan mewakili Provinsi Maluku Utara, masuk di Tim Paskibraka Nasional pada peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-78 tahun 2023 di Istana Negara,”katanya.

Terakhir Kota Ternate, lanjut Agus, mengirimkan perwakilan ke nasional pada tahun 2017 lalu. Ini merupakan pencapaian yang baik sebagai akibat dari proses rekrutmen dan seleksi di tingkat Kota Ternate yang maksimal dengan mengedepankan proses serta skema seleksi berbasis transparansi dan akuntabilitas.

“Peserta yang kami kirim ke tingkat Provinsi dan Nasional adalah mereka yang mempunyai potensi dan kualitas sehingga mampu bersaing pada level tersebut,”ungkapnya.

Tercatat pada tahun 2023 ini kami mengirimkan 1 putri ke tingkat Nasional, 6 orang ke tingkat Provinsi Maluku Utara dan 51 orang untuk kota Ternate.

“Kami berharap para calon paskibraka yang telah lulus, untuk tetap semangat, belajar, mawas diri, jaga kesehatan dan kebugaran untuk lebih siap lagi dalam menghadapi diklat paskibraka baik di tingkat Nasional sampai Kota yang diselenggarakan pada Juli-Agustus mendatang,”pintanya. (SL/TM)

Bagikan: