ads
ads

TERNATE, TERBITMALUT.COM — Tingkat Pelayanan Publik dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Ternate masuk kategori baik dengan nilai 84,74.

Hal itu berdasarkan data hasil Survey Kepuasan Masyarakat (SKM) semester I tahun 2023, yang dilakukan oleh Surveyor Lembaga Penelitian dan Pengkajian Pembangunan Daerah (LP3D) yang diketuai oleh Sahrony A. Hirto, yang diterima Terbitmalut.com Rabu, (27/9/2023).

Survei Kepuasan Masyarakat dilakukan secara mandiri pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Ternate dengan membentuk tim pelaksana kegiatan Survei Kepuasan Masyarakat.

Ketua LP3D Sahrony menyebutkan, hasil Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) terlihat bahwa pada Bulan Januari nilai IKM yang diperoleh adalah sebesar 84,88 yang setara dengan grade B. Pada Bulan Februari, terjadi penurunan IKM menjadi 80,77 yang masih pada grade yang sama dengan bulan sebelumnya.

Meskipun masih dengan grade B (baik), namun telah terjadi peningkatan nilai IKM pada Bulan Maret, di mana nilainya menjadi 83,66. Kenaikan nilai juga terjadi pada Bulan April menjadi 85,00 dan masih tetap berada pada grade B.

“Pada Akhir Semester 1 yaitu pada bulan Mei nilai IKM 86,88 dan mengalami terus peningkatan pada Bulan Juni 87,22 atau dapat mencapai grade B. Secara keseluruhan, rata-rata nilai IKM dalam 6 (enam) bulan tersebut adalah sebesar 84,74, atau memperoleh grade B,”katanya.

Hasil Survey Kepuasan Masyarakat (SKM) Semester I Tahun 2023. (Sumber. DPMPTSP)

Sementara, Kepala DPMPTSP Kota Ternate, Bahtiar Teng mengatakan, Pelaksanaan Pelayanan Publik di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Ternate, secara umum menunjukkan ada kecenderungan peningkatan kualitas.

Hal ini terlihat dengan nilai Indeks Kepuasan Masyarakat yang diperoleh dari selama 6 (Enam) bulan terakhir yaitu 84,74 pada Semester I Tahun 2023.

“Sehingga dapat disimpulkan bahwa Tingkat Kualitas SKM DPMPTSP Kota Ternate sudah dikategori (B) Baik,” ungkapnya.

Survey Kepuasan Masyarakat (SKM), lanjut Bahtiar, dilakukan untuk melihat tingkat kepuasan masyarakat atas pelayanan yang diberikan oleh unit Pelayanan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Ternate.

Penyusunan survey kepuasan masyarakat yang dilaksanakan oleh DPMPTSP Kota Ternate, merupakan salah satu upaya peningkatan kualitas pelayanan yang dilaksanakan secara konsisten dengan memperhatikan kebutuhan dan harapan masyarakat.

“Penyusunan Survey Kepuasan Masyarakat (SKM) dilaksanakan dengan berpedoman pada Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survey Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik,”tambahnya. (ADV)

Penulis : Sukur 

Bagikan: