ads
ads

TERNATE, TERBITMALUT.COM — Pemerintah Kota Ternate, mulai menggelar forum Konsultasi Publik penyusunan Rancangan Awal (Ranwal) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Ternate tahun 2025 bertempat di ruang Auditorium Kantor Bappelitbangda Kota Ternate, Rabu (20/3/2024).

Forum Konsultasi Publik penyusunan Ranwal RKPD 2025 yang dilakukan hari ini, yang dibuka secara langsung Sekretaris Daerah, Dr. Rizal Marsaoly didampingi Plt. Kepala Bappalitbangda Kota Ternate, Taufik Jauhar itu, setelah adanya rapat persiapan menuju konsultasi Rancangan Awal (Ranwal) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2025 pada Selasa, (19/3/2024) kemarin.

Sekretaris Daerah, Dr. Rizal Marsaoly menyampaikan, tujuan Ranwal RKPD ini bagaimana untuk menjaga konsistensi apa yang sudah dirumuskan dalam hasil musrenbang kelurahan dan Kecamatan, dan juga menjaga konsistensi apa yang sudah tertuang dalam Rencana Kerja (Renja) masing-masing OPD. Termasuk apa yang menjadi dinamika fenomena yang berada di masyarakat saat ini.

“Ajang Ranwal RKPD ini bagaimana untuk memberi langkah ikhtiar kita untuk mengkompilasi hal-hal yang menyatukan dari bawah top down dan bottom up. Bottom up pun terbagi menjadi dua yakni melalui Musrenbang dan Reses dari DPRD melalui Pokir yang mereka hadirkan,”tuturnya saat diwawancarai Terbirmalut.com.

Agar kata Sekda, menjadi harapan ikhtiar kita yang nantinya penyusunan Ranwal RKPD ini menjadi perhatian penuh dari Kepala Bappalitbangda. Karena langkah kita hari ini menentukan kualitas APBD kita di tahun 2025 ke depan.

“Karena dokumen RKPD ini kan cikal-bakal lahirnya APBD tahun 2025 Kota Ternate, sehingga apa yang dilahirkan pada hari ini bisa berjalan dengan baik dan lancar,”ujarnya.

Tidak hanya itu, Rizal juga meminta kepada peserta dan Kepala Kasubag Perencanaan yang hadir itu, harus mengikuti acara ini dengan baik, mendengar arahan-arahan yang nantinya menjadi substansi pokok isi dari RKPD.

“Hari ini Ranwal RKPD, mungkin setelah Ramadhan atau Lebaran sudah bisa dilakukan Rancangan Akhir, yang difinalkan menjadi RKPD yang menjadi dasar penyusunan dokumen KUA-PPAS APBD tahun 2025 yang harus diseriusi dan diteliti dengan kehati-hatian kita,”tambahnya.

Perlu diketahui juga forum Konsultasi Publik penyusunan Rancangan Awal (Ranwal) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Ternate tahun 2025 melibatkan seluruh Kasubag Perencanaan yang ada di Pemerintahan Kota Ternate. (**)

Editor : Sukur

Bagikan: