TERNATE, TERBITMALUT.COM — Pemerintah Kota Ternate bersama PT Pertamina Ternate, melakukan aksi penanaman mangrove kawasan di pesisir pantai Kastela Kecamatan Pulau Ternate, Kota Ternate, Jumat (14/6/2024).

Kegiatan ini merupakan rangkaian peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2024 sekaligus sebagai upaya menjaga alam.

Untuk itu, kurang lebih ada 70 anakan pohon mangrove ditanam di pesisir pantai Kelurahan Kastela, Kota Ternate. Wali Kota Ternate, yang dihadiri secara langsung Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman, dihadiri oleh Kepala DLH Kota Ternate, Muhammad Syafei, Kepala Dinas Pariwisata, dan Kepala Fuel Terminal Ternate Giyanto.

Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman mengatakan, Pemerintah Kota Ternate berkomitmen untuk mewujudkan Ternate yang bersih, sehingga kegiatan yang dilakukan secara berkolaborasi antara DLH dan Pertamina merupakan bagian dari upaya pemerintah daerah menjaga lingkungan.

“Kegiatan ini sangat bagus, apalagi dirangkaikan dengan hari lingkungan hidup sedunia. Penanaman mangrove ini untuk menjaga alam, keberadaan mangrove diharapkan menjadi tempat habitat bagi ikan dengan baik,”ujarnya.

Hari Lingkungan Hidup Sedunia, kata Tauhid, bukan sekedar seremonial tetapi yang terpenting aktualisasi dari peringatan hari lingkungan hidup. Untuk mengaktualisasi peringatan hari lingkungan hidup sedunia di Kota Ternate, tentu membutuhkan kerjasama, kolaborasi dan sinergi antara pemerintah, stakeholders dan masyarakat.

Karena, menurut Tauhid, tanpa peran serta masyarakat, tentu berbagai program dan kegiatan tidak akan berjalan maksimal. Maka Pemkot Ternate juga akan terus berupaya mengatasi masalah sampah, sehingga butuh dukungan semua pihak termasuk stakeholder.

“Salah satu dalam kegiatan ini, berkaitan juga dengan hari lingkungan hidup sehingga Pemkot akan bersinergi dengan instansi terkait bersama-sama masyarakat untuk mengatasi sampah. Karena upaya penanganan sampah itu harus dilakukan secara bersama-sama, maka persoalan sampah dapat diatasi dengan baik,”ucapnya.

“Sebagai Wali Kota, saya akan terus mendorong agar DLH terus kerja sama dengan berbagai pihak di Ternate untuk mengatasi sampah,”sambungnya.

Sementara, Kadis DLH Kota Ternate Muhammad Syafei mengatakan, kegiatan ini hanyalah simbolis untuk bagaimana mengajak masyarakat Ternate peduli terhadap lingkungan.

“Jadi kurang lebih ada 70 anakan mangrove yang kita tanam di pesisir pantai Kastela, Kecamatan Pulau Ternate,”ungkapnya.

Lewat kegiatan ini, Kadis DLH mengucapkan terima kasih kepada Pertamina, tak hanya itu atasi masalah sampah ini, DLH akan libatkan semua pihak untuk peduli terhadap lingkungan terutama perangi sampah.

“Ke depan kita juga banyak pekerjaan rumah untuk menggandeng semua pihak, termasuk masyarakat untuk sama-sama mengatasi sampah di Kota Ternate,”terangnya.

Kepala Fuel Terminal Ternate, Giyanto menambahkan, kerja sama ini juga sudah merupakan program pertamina. Karena Pertamina sangat memberikan partisipasi penuh terhadap lingkungan lewat kerja-kerja sama, baik masyarakat hingga Pemda.

“Salah satunya partisipasi yaitu kita siapkan bibit mangrove dan bersama DLH kita buat penanaman di pesisir pantai Kastela, dan muda-mudahan anak mangrove bisa hidup hingga menahan ombak atau abrasi pantai,”pungkasnya. (**)

Editor : Sukur

Bagikan: