ads
ads

TERNATE, TERBITMALUT.COM — Wali Kota Ternate, Maluku Utara M. Tauhid Soleman secara resmi membuka Forum Perangkat Daerah dan Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Ternate tahun 2025 yang dilangsungkan di Royal Resto Rabu, (27/3/2024).

Forum Perangkat Daerah dan Musrenbang RKPD Ini berlangsung selama dua hari dimulai dari Rabu 27 Maret sampai dengan Kamis 28 Maret 2024 dengan mengangkat tema, “Pelestarian Cagar Budaya dan Entitas Keragaman Sosial Budaya Serta Mitigasi Kebencanaan Untuk Pengembangan Ruang Kota Ternate Yang Mandiri dan Berkeadilan,”.

Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman menyampaikan, forum Perangkat Daerah dan Musrenbang adalah agenda tetap yang dilaksanakan setiap tahun, dan memiliki makna strategis yang menentukan arah pembangunan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat Ternate.

“Pelaksanaan kegiatan ini dimaksudkan untuk mendapatkan masukan dari para pemangku kepentingan, dalam rangka penyempurnaan rancangan RKPD Kota Ternate Tahun 2025, dan melalui forum ini diharapkan dapat menyepakati Isu Strategis Pembangunan dan Prioritas Pembangunan,”tuturnya.

Kata Tauhid, forum Perangkat Daerah dan Musrenbang RKPD, merupakan ajang musyawarah antara para pemangku kepentingan untuk membahas dan menyepakati langkah-langkah penanganan program kegiatan prioritas, yang tercantum dalam daftar usulan rencana pembangunan kecamatan yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan Kota Ternate.

“Penyusunan RKPD Kota Ternate tahun 2025 merupakan langkah strategis dan merupakan rangkaian terencana dari upaya membangun kebijakan perlindungan cagar budaya, entitas keragaman dan mitigasi bencana, dalam upaya penataan pola ruang kota yang berkelanjutan,”ungkapnya.

Karena, hal ini sesuai dengan arah kebijakan pembangunan dan pentahapan dalam RPMJD Kota Ternate 2021-2026, yang menggambarkan program prioritas pembangunan tahun 2025, akan diarahkan pada:

1. Perlindungan dan Pelestarian Cagar Budaya

2. Membangun dan Menghidupkan Entitas Keragaman Sosial Budaya Masyarakat

3. Literasi dan Mitigasi Kebencanaan

4. Pengembangan Kota Sebagai Pusat Informasi dan Konsolidasi Barang/Jasa

5. Revitalisasi dan Penataan Pola Ruang Kota Yang Berkelanjutan.

Selain itu, Pemerintah Kota Ternate untuk di tahun 2024, juga akan fokus untuk penanganan 9 (sembilan) program dari 14 (empat belas) program prioritas RPJMD Kota Ternate Tahun 2021-2026, untuk memberi penguatan pada:

1. Pengembangan Iklim Usaha yang Kondusif Serta Peningkatan Daya Saing Industri Kreatif, UMKM dan IKM

2. Pembangunan Infrastruktur Dasar Pada Wilayah Moti, Hiri dan Batang Dua

3. Mendorong Kemudahan Akses Pasar Bagi Masyarakat Wilayah Moti, Hiri, dan Batang Dua

4. Optimalisasi Sumber-sumber Penerimaan Daerah

5. Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik

6. Pembinaan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang Profesional

7. Industrialisasi Pengolahan Sampah Secara Partisipatif

8. Konservasi Sumber Daya Air

9. Revitalisasi dan Penguatan Peran BUMD.

Untuk itu juga, Wali Kota menegaskan akan mengawal setiap tahapan pelaksanaan Musrenbang, yang dimulai dari tingkat Kelurahan dan Kecamatan sampai APBD itu disahkan. Bahkan Tauhid juga akan memperjuangkan dan memperhatikan hak-hak warganya yang tersalur melalui tahapan Musrenbang ini.

Saya sangat mengharapkan kepada kepala OPD, Camat dan Delegasi, agar lebih fokus dalam melakukan pembahasan di Forum dan Musrenbang ini, dengan melihat urgensi kebutuhan dalam merumuskan usulan program kegiatan yang lebih terarah, terukur, dan akuntabel.

“Serta menjawab isu-isu yang strategis dan permasalahan serta tantangan yang dihadapi, dengan memperhitungkan ketercapaian target indikator dan capaian pada program RPJMD yang telah terintegrasi,”pungkasnya.

Sementara, Plt. Kepala Bappelitbangda Kota Ternate, Taufik Jauhar menyampaikan, saat ini dan ke depan ruang-ruang kolaborasi, untuk bersinergi lebih dimaksimalkan lagi. Terutama dalam memperkuat tugas utama dan fungsi dari masing-masing perangkat daerah.

“Karena Musrenbang tingkat Kelurahan dan Kecamatan, termasuk Musrenbang Komunitas yang Kedua sudah selesai dilaksanakan. Dan itu menghasilkan sejumlah aspirasi masyarakat dan komunitas yang telah disepakati bersama,”bebernya.

Sehingga, Pelaksanaan Forum Perangkat Daerah dan Musrenbang RKPD, merupakan rangkaian tahapan yang dilaksanakan dalam Penyusunan RKPD sebelum perumusan rancangan akhir RKPD Kota Ternate Tahun 2025, hal ini berdasarkan pada Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 khususnya Pasal 94, yang mengamanatkan bahwa Bappelitbangda melaksanakan dan mengkoordinasi Musrenbang RKPD, yang dihadiri oleh pemangku kepentingan untuk menyepakati dan menyelaraskan dengan Rancangan RKPD Kota Ternate.

“Maksud dari pelaksanaan Forum Perangkat Daerah dan Musrenbang RKPD ini adalah untuk memenuhi tahapan Penyusunan RKPD Kota Ternate Tahun 2025. Karena, perencanaan pembangunan setiap tahunnya ke depan akan dibuat lebih fokus dan lebih terarah lagi, guna memaksimalkan pemanfaatan APBD yang terbatas, dengan menciptakan program kegiatan yang lebih berkualitas lebih menyentuh langsung kepada peningkatan pelayanan masyarakat,”tambahnya. (**)

Editor : Sukur

Bagikan: